Utusan Utama AS untuk Afghanistan Putuskan Mundur

    Fajar Nugraha - 19 Oktober 2021 06:57 WIB
    Utusan Utama AS untuk Afghanistan Putuskan Mundur
    Zalmay Khalilzad, utusan khusus Presiden AS Joe Biden untuk Afghanistan mengundurkan diri. Foto: AFP



    Washington: Zalmay Khalilzad, utusan khusus Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk Afghanistan, mengundurkan diri dari jabatannya. Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengumumkan Senin 18 Oktober 2021.

    Blinken itu berterima kasih kepada Khalilzad atas usahanya dan menyampaikan "terima kasihnya atas pengabdiannya selama puluhan tahun kepada rakyat Amerika."

    Menurut Blinken, Thomas West, mantan wakil Khalilzad, akan mengambil peran sebagai Utusan Khusus untuk Afghanistan.

    “Utusan Khusus West, yang bertugas di tim keamanan nasional Wakil Presiden Biden dan staf Dewan Keamanan Nasional, akan memimpin upaya diplomatik. Dia akan memberi nasihat kepada Menteri dan Wakil Menlu untuk Biro Urusan Asia Selatan dan Tengah, dan berkoordinasi erat dengan Kehadiran Kedutaan Besar AS di Kabul di Doha untuk kepentingan Amerika di Afghanistan," kata Blinken, seperti dikutip Kantor Berita Anadolu, Selasa 19 Oktober 2021.

    Khalilzad menjabat sebagai utusan utama AS untuk Afghanistan di bawah pemerintahan Trump dan Biden. Dia dikenal sebagai arsitek di balik kesepakatan bilateral yang dicapai mantan Presiden Donald Trump.

    Kesepakatan itu menyebutkan Washington setuju untuk keluar dari Afghanistan pada 1 Mei sebagai imbalan atas janji Taliban untuk tidak menyerang pasukan AS.

    Perjanjian itu dikritik secara luas karena mengabaikan Pemerintah Afghanistan yang digulingkan, dan Biden memperpanjang batas waktu penarikan hingga Agustus.

    Keputusan Khalilzad untuk mundur dari jabatannya datang satu setengah bulan setelah AS menyelesaikan penarikannya dari Afghanistan di tengah serangan Taliban yang menyebabkan penggulingan pemerintah. Jalan keluar yang sibuk membuat kapal AS mengangkut lebih dari 120.000 orang keluar dari Afghanistan ketika Taliban mengklaim ibu kota, Kabul.(FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id