comscore

Melalui ICC, Presiden Brasil Digugat Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Willy Haryono - 12 Oktober 2021 16:02 WIB
Melalui ICC, Presiden Brasil Digugat Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan
Presiden Brasil Jair Bolsonaro digugat lakukan kejahatan atas kemanusiaan. Foto: AFP
Brasilia: Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Selasa 12 Oktober 2021 dituduh melakukan ‘kejahatan terhadap kemanusiaan’ di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Tuduhan ini didasarkan atas dugaan perannya dalam penghancuran Hutan Amazon.

Ini adalah kasus pertama yang berusaha secara eksplisit menghubungkan deforestasi dengan hilangnya nyawa.
Emisi gas rumah kaca yang menghangatkan planet dari pembakaran dan pertanian skala industri di Amazon lebih tinggi daripada total emisi tahunan Italia atau Spanyol. Deforestasi di wilayah tersebut telah melepaskan lebih banyak CO2 daripada yang dapat diserap oleh Amazon.

Juru kampanye keadilan lingkungan Austria Allrise mengajukan gugatan resmi di pengadilan yang berbasis di Den Haag, Belanda Selasa pagi. Mereka meminta proses hukum terhadap Bolsonaro dan pemerintahannya untuk tindakan "yang berhubungan langsung dengan dampak negatif perubahan iklim di seluruh dunia".

Gugatan tersebut menuduh pemimpin Brasil itu melancarkan kampanye luas yang mengakibatkan pembunuhan para pembela lingkungan dan membahayakan populasi global melalui emisi yang disebabkan oleh deforestasi.

Tuduhan itu memanfaatkan bidang ilmu atribusi iklim yang berkembang, yang memungkinkan para peneliti untuk membuktikan hubungan antara peristiwa cuaca ekstrem, di satu sisi, dan pemanasan global dan degradasi lingkungan, di sisi lain.

Tim di belakangnya mengatakan bahwa pemerintahan Bolsonaro telah berusaha untuk "secara sistematis menghapus, mensterilkan, dan mengeluarkan isi perut undang-undang, lembaga, dan individu yang berfungsi untuk melindungi Amazon".







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id