Inggris Akan Tempatkan 2 Kapal Perang Secara Permanen di Asia Pasifik

    Achmad Zulfikar Fazli - 22 Juli 2021 05:54 WIB
    Inggris Akan Tempatkan 2 Kapal Perang Secara Permanen di Asia Pasifik
    HMS Queen Elizabeth akan berlayar ke Jepang pada September. Foto: AFP



    London: Rencana kunjungan penting oleh kelompok penyerang kapal induk Inggris datang ketika London memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo di tengah ketegangan di Laut China Selatan.

    Inggris telah mengumumkan bahwa mereka akan secara permanen menempatkan dua kapal perang di perairan Asia setelah Kapal Induk HMS Queen Elizabeth dan kapal pengawalnya  berlayar ke Jepang pada September melalui laut di mana Tiongkok bersaing untuk mendapatkan pengaruh dengan Amerika Serikat dan Jepang.

     



    Rencana kunjungan tingkat tinggi oleh kelompok tempur kapal induk datang ketika Inggris memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo. Jepang sebelumnya telah menyatakan kekhawatiran yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir atas ambisi teritorial Tiongkok di kawasan itu, termasuk Taiwan.

    “Menyusul pengerahan perdana kelompok penyerang, Inggris akan secara permanen menugaskan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini,” kata menteri pertahanan Inggris, Ben Wallace, dalam pengumuman bersama pada Selasa di Tokyo dengan mitranya dari Jepang, Nobuo Kishi.

    Kishi menggemakan Wallace setelah keduanya mengadakan pembicaraan.

    “Kami menegaskan kembali posisi kami bersama bahwa kami dengan tegas menentang upaya untuk mengubah status quo dengan paksaan, dan pentingnya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum,” kata Kishi, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis 22 Juli 2021.

    Setelah kedatangan mereka di Jepang, kata Kishi, Kapal Induk Queen Elizabeth dan kapal pengawalnya akan berpisah untuk panggilan pelabuhan terpisah ke pangkalan angkatan laut AS dan Jepang di sepanjang kepulauan Jepang.

    Dalam sebuah pernyataan tentang penempatan tersebut, seorang juru bicara Pentagon mengucapkan selamat kepada Inggris atas “komitmennya terhadap jaringan sekutu dan mitra yang saling terhubung, yang saling bekerja sama dan mendukung kebebasan navigasi dan tatanan berbasis aturan di kawasan Indo-Pasifik.”



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id