Kapten Kapal Induk Terimbas Covid-19 Dilaporkan Positif Korona

    Fajar Nugraha - 06 April 2020 12:07 WIB
    Kapten Kapal Induk Terimbas Covid-19 Dilaporkan Positif Korona
    Kapten Brett Crozier yang dicopot dari jabatan sebagai komandan kapal induk USS Theodore Roosevelt. Foto: AFP
    Washington: Kapten Brett Crozier yang dicopot dari jabatan sebagai komandan kapal induk USS Theodore Roosevelt, dinyatakan positif virus korona covid-19. Crozier dipecat karena dianggap melanggar rantai komando, setelah mendesak pemerintah bertindak atas kondisi penyebaran virus itu di kapal induk Roosevelt.

    Baca: Kapten Kapal Induk AS Terimbas Covid-19 Dicopot dari Jabatan.

    The New York Times melaporkan pada Minggu 5 April bahwa Kapten Brett Crozier, telah dinyatakan positif yang mengutip dua teman sekelas Akademi Angkatan Laut dari Crozier. Namun pihak Angkatan Laut Amerika Serikat menolak mengomentari status kesehatan Crozier.

    “Komandan mulai menunjukkan gejala sebelum ia diturunkan dari kapal induk tersebut pada Kamis (2 April),” keterangan dua teman angkatan Crozier, kepada The New York Times.

    Roosevelt yang berbasis di San Diego kini berada di pelabuhan di Guam melawan wabah covid-19 di antara awaknya. Sekitar 100 awaknya dipastikan positif terjangkit virus ini.

    Pekan lalu, Crozier mengirim surat kepada komandan Armada Pasifik yang meminta Angkatan Laut mengevakuasi 90 persen awaknya. Crozier menulis, ‘Kami tidak berperang, dan karenanya tidak dapat membiarkan seorang pelaut pun binasa karena pandemi. Ini tidak perlu’.

    Surat itu muncul ke publik Selasa ketika pertama kali diterbitkan pertama kali oleh San Francisco Chronicle.

    Pada Rabu, Thomas Modly, Pelaksana Tugas Menteri Angkatan Laut, mengatakan, Angkatan Laut bergerak untuk melakukan banyak hal dari apa yang diminta Crozier dalam surat itu. Termasuk rencana untuk memindahkan hampir 3.000 pelaut dari kapal dalam beberapa hari.

    Pada Kamis, Modly mengumumkan pencopotan Crozier dari rantai komando, dengan mengatakan bahwa penyebaran luas surat itu -,melalui 20 hingga 30 orang di email,- mencerminkan ‘penilaian yang sangat buruk’ dari seorang kapten kapal di tengah krisis.

    Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan pada Minggu di CNN ‘State of the Union’ bahwa ada 155 kasus covid-19 yang dikonfirmasi di antara pelaut di atas kapal induk, dan lebih dari setengah kapal telah diuji. Sejauh ini belum ada yang dirawat inap.

    Presiden Trump memberikan dukungannya atas keputusan Modly, dengan mengatakan pada, "Dia (Crozier) seharusnya tidak berbicara seperti itu dalam surat. Saya pikir itu mengerikan apa yang dia lakukan."

    Calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berkata berbeda dari Trump. Pada Minggu 5 April dia mengatakan di ABC "This Week" bahwa Crozier harus mendapatkan pujian atas tindakannya, menambahkan, "Ini dekat dengan penjahat cara mereka berurusan dengan orang ini."

    Seorang juru bicara Angkatan Laut mengatakan kepada New York Times bahwa Crozier telah dipindahkan ke komando Angkatan Udara Pasifik di San Diego, tetapi ia harus menyelesaikan masa karantina terlebih dahulu.

    “Dia akan dikarantina di tempat pejabat tinggi di Pangkalan Angkatan Laut Guam,” kata New York Times.

    Pasien yang terinfeksi virus korona covid-19 di dunia saat ini mencapai 1.274.956 orang. Sementara yang sembuh mencapai 260.602 orang dan yang meninggal mencapai 69.479 jiwa.

    Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah pasien terinfeksi covid-19 terbanyak di dunia dengan 337.620 orang. Jumlah pasien yang sembuh berada di angka 17.572 orang dan yang meninggal 9.647 jiwa.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id