comscore

9 WNI Masih Terjebak di Kota Chernihiv Ukraina

Willy Haryono - 13 Maret 2022 17:09 WIB
9 WNI Masih Terjebak di Kota Chernihiv Ukraina
Seorang pria mengayuh sepeda di depan gedung yang hancur akibat pertempuran di kota Chernihiv, Ukraina, 4 Maret 2022. (Dimitar DILKOFF / AFP)
Jakarta: Pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia masih berlangsung di sejumlah kota, termasuk di Chernihiv. Oleh karenanya, 9 warga negara Indonesia yang terjebak di kota tersebut belum dapat dievakuasi.

Intensnya pertempuran di Chernihiv sempat mengganggu layanan air bersih, listrik, gas dan jaringan komunikasi di kota tersebut. Namun belakangan, beberapa fasilitas sudah beroperasi seperti biasa.
"Komunikasi dengan 9 WNI yang sempat terputus karena gangguan komunikasi seluler, saat ini sudah bisa terhubung kembali," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Minggu, 13 Maret 2022.

"Mereka dalam kondisi aman dan sehat di safe house. Fasilitas listrik, air dan gas tetap beroperasi. Persediaan logistik masih memadai," sambungnya.

Judha menegaskan bahwa upaya evakuasi 9 WNI di kota Chernihiv masih terus diupayakan KBRI Kiev dan Tim Perlindungan WNI. Beberapa upaya evakuasi sebelumnya terpaksa ditunda karena situasi pertempuran di jalur evakuasi.

Meski Rusia dan Ukraina sudah menyepakati koridor kemanusiaan di Chernihiv, namun implementasinya di lapangan terkadang tidak berjalan seperti seharusnya.

"Kedua pihak yang berperang perlu membentuk humanitarian corridor yang benar benar dipatuhi dan efektif di lapangan," pungkas Judha.

Sebelumnya, sembilan WNI di kota Chernihiv mengaku ingin segera dievakuasi dalam sebuah pesan video. "Semakin membahayakan buat kami (kondisi keamanan di Chernihiv)," tutur salah satu WNI, Zulham Ramadhan.

Baca:  Chernihiv Semakin Berbahaya, 9 WNI Minta Segera Dievakuasi

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id