Badai Hanna Hantam Texas Selatan

    Willy Haryono - 26 Juli 2020 08:46 WIB
    Badai Hanna Hantam Texas Selatan
    Foto satelit memperlihatkan Badai Hanna di Teluk Meksiko. (Foto: AFP)
    Texas: Badai Tropis Hanna tiba di Texas selatan, Amerika Serikat, Sabtu 25 Juli. Otoritas AS memperingatkan, badai ini membawa angin kencang dan hujan deras serta dapat memicu gelombang tinggi yang membahayakan keselamatan masyarakat pesisir.

    Gubernur Texas Greg Abbott mengeluarkan deklarasi bencana untuk 32 wilayah. Ia mengatakan pandemi virus korona (covid-19) dapat mempersulit upaya penanggulangan badai, seperti evakuasi warga atau penyaluran bantuan.

    Hanna tiba di Padre Island pada Sabtu, dan kini menghantam area antara Corpus Christi dan Brownsville. Dengan kecepatan tiupan angin hingga 137 kilometer per jam, badai ini merusak dan menerbangkan banyak atap rumah.

    Dikutip dari BBC, saat ini Hanna adalah badai Kategori 1, yang merupakan level terendah dari skala pengukuran Saffir-Simpson.

    "Segala jenis badai adalah tantangan besar," kata Abbott. "Tantangan ini semakin sulit dihadapi karena melanda beberapa area yang dilanda covid-19," sambungnya.

    Pusat Badai Nasional (NHC) memperingatkan bahwa "gelombang tinggi yang dapat membahayakan jiwa berpotensi muncul di pesisir Texas, mulai dari Port Mansfield hingga ke Sargent."

    NHC menyerukan warga lokal untuk mengikuti segala imbauan yang disampaikan otoritas darurat. Menurut laporan Houston Chronicle, Hanna diperkirakan hanya akan melanda wilayah pinggiran Houston.

    Kedatangan Hanna ke Texas terjadi saat beberapa negara bagian di selatan AS tengah berjuang meredam penyebaran covid-19. Saat ini, Texas mengonfirmasi lebih dari 300 ribu infeksi covid-19, dengan angka kematian hampir mencapai 5.000.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id