PM Johnson akan Minta Warga Inggris Belajar Hidup Bersama Covid-19

    Willy Haryono - 05 Juli 2021 13:07 WIB
    PM Johnson akan Minta Warga Inggris Belajar Hidup Bersama Covid-19
    PM Inggris Boris Johnson. (AFP)



    London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson hari ini, Senin, 5 Juli 2021, akan mengumumkan sebuah rencana untuk mencabut berbagai aturan Covid-19 mulai 19 Juli mendatang. Nantinya, PM Johnson akan meminta semua masyarakat Inggris untuk "belajar hidup bersama Covid-19."

    Awalnya PM Johnson berencana membuka penuh kegiatan perekonomian warga pada 21 Juni. Namun tanggal tersebut terpaksa diundur karena kemunculan varian Delta yang jauh lebih menular dari varian lainnya.

     



    Varian Delta kini mendominasi hampir semua kasus baru Covid-19 di seantero Inggris.

    Senin ini, dilansir dari laman The New Arab, PM Johnson akan menggelar konferensi pers bersama Menteri Kesehatan Sajid Javid mengenai rencana pencabutan sebagian besar aturan Covid-19 mulai 19 Juli mendatang.

    Setelah Rusia, Inggris memiliki total kematian akibat Covid-19 tertinggi di Eropa, yakni di angka lebih dari 128 ribu. Saat ini Inggris secara berkala mengakhiri periode penguncian (lockdown) Covid-19, meski beberapa pembatasan masih diberlakukan.

    Kelab malam di seantero Inggris belum diperbolehkan beroperasi, dan acara-acara berskala besar juga masih dibatasi kapasitasnya. Pada 19 Juli mendatang, pembatasan seperti itu akan dicabut.

    Kantor PM Johnson di Downing Street mengatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Inggris akan terus meningkat saat pembatasan dicabut. Namun di waktu bersamaan, angka hospitalisasi dan kematian akibat Covid-19 cenderung menurun karena tingginya laju vaksinasi.

    Desember lalu, Inggris menjadi salah satu negara di dunia yang memulai program vaksinasi Covid-19. Saat ini, sekitar 64 persen orang dewasa di Inggris telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

    "Hari ini, kami akan mengumumkan cara memulihkan kebebasan masyarakat," tutur PM Johnson menjelang konferensi persnya bersama Menkes Javid.

    Rencana Inggris ini sejalan dengan wacana Pemerintah Singapura yang menginginkan semua masyarakatnya untuk hidup bersama Covid-19.

    Baca:  Rencana Mengejutkan Singapura: 'Hidup dengan Covid-19'

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id