Biden: Tiongkok Akan Bayar Pelanggaran HAM Terhadap Uighur

    Marcheilla Ariesta - 18 Februari 2021 14:28 WIB
    Biden: Tiongkok Akan Bayar Pelanggaran HAM Terhadap Uighur
    Presiden AS Joe Biden tegaskan Tiongkok akan membayar mahal atas pelanggaran HAM ke Uighur. Foto: AFP



    Beijing: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Tiongkok bahwa mereka akan membayar harga atas pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan. Pernyataan tersebut ia sampaikan saat ditanya mengenai penanganan minoritas Muslim oleh Tiongkok di Xinjiang.

    "Yah, akan ada dampaknya bagi Tiongkok dan dia (Presiden Tiongkok) tahu itu," kata Biden, seperti dikutip AFP, Kamis 18 Februari 2021.






    Presiden Tiongkok, Xi Jinping mendapat kritik global karena telah menahan minoritas Uighur di kamp-kamp interniran dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya.

    Biden menuturkan AS akan menegaskan kembali peran globalnya dalam menyuarakan hak asasi manusia. Ia menambahkan akan bekerja sama dengan komunitas internasional untuk membuat Tiongkok melindungi para muslim Uighur.

    "Tiongkok berusaha sangat keras untuk menjadi pemimpin dunia dan untuk mendapatkan julukan tersebut, mereka harus mampu mendapatkan kepercayaan dari negara lain," seru Biden.

    "Selama mereka terlibat dalam kegiatan yang bertentangan dengan hak asasi manusia, akan sulit bagi mereka untuk melakukan itu," imbuhnya.

    Dalam panggilan telepon dua jam dengan Xi bulan ini, Biden menekankan prioritas AS untuk melestarikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

    Dia juga menyuarakan keprihatinan tentang praktik perdagangan dan masalah hak asasi yang "memaksa dan tidak adil" di Beijing. Hal ini termasuk tindakan keras di Hong Kong, penahanan Xinjiang, dan tindakan yang semakin tegas terhadap Taiwan yang diklaim Beijing milik mereka.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id