Greenland Konfirmasi Kasus Perdana Virus Korona

    Willy Haryono - 17 Maret 2020 07:36 WIB
    Greenland Konfirmasi Kasus Perdana Virus Korona
    Salah satu permukiman warga di Greenland. (Foto: AFP / Jonathan NACKSTRAND)
    Nuuk: Greenland mengonfirmasi kasus pertama virus korona covid-19 pada Senin 16 Maret 2020. Pasien pertama ini tinggal di ibu kota Nuuk, dan hingga kini masih mengisolasi diri di rumahnya.

    Dikutip dari AFP, Greenland -- wilayah otonom milik Denmark -- mengaku telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk melindungi semua warga dari ancaman covid-19.

    "Berbagai persiapan telah diinisiasi dalam rangka menanggulangi situasi terkini. Merupakan hal penting bagi semua warga untuk mengikuti rekomendasi pemerintah, karena infeksi (covid-19) kini telah mencapai wilayah kita," ujar Perdana Menteri Greenland Kim Kielsen dalam sebuah konferensi pers.

    Terletak di Lingkar Arktik, Greenland telah menerapkan sejumlah rekomendasi untuk menekan penularan covid-19. Greenland telah menutup semua penerbangan non-esensial dari dan menuju pulau tersebut.

    Seluruh warga Greenland juga diimbau untuk tidak bepergian, meski rutenya hanya domestik. Perkumpulan yang melibatkan lebih dari 100 orang diminta untuk dibatalkan atau ditunda sementara.

    Warga Greenland yang baru pulang dari luar negeri diminta untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing selama dua pekan. Seperti Denmark, Greenland juga menutup pintu bagi semua wisatawan di tengah pandemi korona.

    Denmark mengkolonisasi Greenland di abad ke-18. Greenland merupakan rumah bagi sekitar 57 ribu warga, sebagian besar dari mereka berasal dari etnis Inuit.

    Sejak 2009, Greenland secara umum independen dalam penerapan kebijakan ekonomi. Namun isu luar negeri dan pertahanan masih berada di bawah kendali Denmark.

    Senin kemarin, Denmark melaporkan total 909 kasus terkonfirmasi covid-19, yang 11 di antaranya ada di wilayah otonom Kepulauan Faroe. Sejauh ini, terdapat satu kematian akibat covid-19 di Denmark.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id