comscore

Perayaan Tahun Baru Nyepi di Chicago Gaungkan Pariwisata Indonesia

Willy Haryono - 18 April 2022 19:11 WIB
Perayaan Tahun Baru Nyepi di Chicago Gaungkan Pariwisata Indonesia
Penampilan tari tradisional Indonesia dalam perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 di Chicago, AS, 16 April 2022. (KJRI Chicago)
Chicago: Masyarakat Hindu Bali di Midwest yang tergabung dalam Semeton Bali Midwest bersama KJRI Chicago untuk kedua kalinya mengadakan acara Dharma Santi peringatan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 di Chicago, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu, 16 April.

Digelar secara fisik untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir, acara ini menampilkan banyak penari dan juga kelompok Chicago Balinese Gamelan yang sebagian besar pemainnya merupakan warga AS.
Acara dibuka dengan "Matur Piuning dan Nunas Taksu" yang berisikan harapan agar acara berjalan lancar. Dalam ritual tersebut juga ada harapan bahwa di tahun baru ini, kondisi Bali akan terus membaik dan segera bangkit dari pandemi.

Beberapa tari yang dihadirkan meliputi Tari Dharmashanti, Tari Margapati, Tari Topeng Keras dan Tari Legong Tapini.

"Perayaan Hari Raya Nyepi di Chicago kali ini dilakukan di tengah dimulainya era baru setelah pandemi, dimana perkonomian dunia termasuk Indonesia, telah kembali menggeliat," ucap Konjen RI Chicago, Meri Binsar Simorangkir.

"Bali siap menerima kunjungan wisatawan termasuk dari Amerika Serikat dengan telah diberlakukannya kembali pemberian fasilitas Visa on Arrival di bandara internasional Bali sejak 7 Maret 2022. Karena itu, tunggu apa lagi? Segera book tiket pesawat dan sampai jumpa di Bali!" lanjutnya, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima Medcom.id, Senin, 18 April 2022.

Wali Kota Oakbrook, Gopal Lalmalani, hadir sebagai tamu kehormatan. Uniknya, Gopal ternyata lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Jakarta, bahkan sempat menjadi mahasiswa magang di rumah sakit di Jakarta.

"Bangsa Indonesia termasuk bangsa yang paling toleran di dunia dan di acara yang membahagiakan ini, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Saka kepada umat Hindu di Midwest. Saya berharap agar acara perayaan tahun baru ini berjalan dengan lancar," ungkap Gopal.

"Jika ada yang namanya surga di bumi, itu Bali. Karenanya, bagi mereka yang belum pernah berkunjung ke Bali, kalian harus pergi, minimal sekali," sambungnya.

Ketua Acara Perayaan Dharmashanti I Nyoman Mahartayasa menyampaikan bahwa persiapan acara ini sudah dilaksanakan selama 2 bulan. Acara ini tidak akan pernah terjadi tanpa kuatnya persaudaraan masyarakat Bali.

"Animo masyarakat Chicago untuk mempelajari budaya dan tarian Bali pada khususnya, serta Chicago pada umumnya sangatlah tinggi. Kalau diperhatikan, malam ini, kebanyakan pemain gamelan adalah warga AS dan kualitas permainan mereka tidak kalah dengan orang Indonesia," cetus Nyoman Mahartayasa.

"Mereka sangat disiplin dan mencintai budaya Indonesia, sampai saya sebagai orang Bali merasa kalah dengan dedikasi mereka."

Penampilan Dharmashanti ini juga menjadi lebih spesial dengan kedatangan dosen ISI yang sudah 2 bulan ini menjadi artist-in-resident di Chicago Balinese Gamelan Made Ayu Destiari. "Selama ini saya terus menari tapi hanya sendirian, direkam melalui zoom. Tampil di depan audience itu memang luar biasa," tuturnya dengan senyum sumringah. 

Salah satu penonton datang jauh–jauh dari Indiana dan menyetir selama 3 jam untuk datang ke acara ini. "Acara ini mengobati rasa kangen terhadap Bali, karena biasanya saya pergi ke Bali hampir setiap tahun. Dengan adanya kembali VOA, saya akan kembali ke Bali lg musim panas ini," sebut Rick Wills.

Tidak kurang dari 100 penonton datang untuk meramaikan acara Dharmashanti. Acara makin meriah dengan adanya kuis dan dooprize bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan trivia mengenali pariwisata Indonesia, termasuk Bali, Lombok, Mandalika dan Danau Toba.

Baca:  Pariwisata Indonesia Laris Manis di Pameran Travel Chicago


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id