comscore

Dampak Hujan Deras di Brasil Tewaskan 37 Orang

Willy Haryono - 29 Mei 2022 10:24 WIB
Dampak Hujan Deras di Brasil Tewaskan 37 Orang
Warga berjalan di tengah banjir yang dipicu hujan deras di Recife, Brasil. (EMMANUEL DUNAND / AFP)
Rio de Janeiro: Setidaknya 37 orang tewas dan sekitar 5 ribu lainnya kehilangan tempat tinggal usai terkena dampak hujan deras di wilayah timur laut Brasil sepanjang Jumat dan Sabtu kemarin.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Minggu, 29 Mei 2022, Recife menjadi kota yang terkena dampak terparah banjir sejauh ini, dengan korban tewas mencapai 35 orang. Sekitar 1.000 orang lainnya memilih melarikan diri dari rumah mereka masing-masing.
Di negara bagian Alagoas, dua orang dilaporkan tewas terkena dampak hujan deras, dengan lebih dari 4 ribu warga dievakuasi petugas ke tempat yang lebih aman.

Bencana lain yang dipicu hujan deras juga menelan korban jiwa. Sabtu kemarin, setidaknya 20 orang tewas terkena terjangan tanah longsor di Recife. Enam orang juga dikabarkan tewas terkena longsor di kota Camaragibe.

Menurut keterangan Agensi Iklim dan Perairan Pernambuco, Recife diguyur hujan deras dengan intensitas hingga 150 mm sepannjang Sabtu kemarin. Sementara di Camaragibe, intensitas hujan mencapai 129 mm.

Pada akhir Desember 2021 dan awal Januari 2022, puluhan orang tewas dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal setelah hujan deras mengguyur negara bagian Bahia di Brasil. Di bulan itu, setidaknya 18 orang tewas dalam banjir di Sao Paulo.

Satu bulan setelahnya, hujan deras di pegunungan Rio de Janeiro menewaskan lebih dari 230 orang.

Tingginya intensitas banjir di Brasil telah memicu perdebatan mengenai kemungkinan adanya pengaruh perubahan iklim terhadap pola cuaca.

Baca:  Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Rio de Janeiro, 14 Orang Tewas

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id