comscore

COP26: Perjanjian Iklim Glasgow Resmi Diadopsi, Apa Saja Isinya?

Willy Haryono - 14 November 2021 12:34 WIB
COP26: Perjanjian Iklim Glasgow Resmi Diadopsi, Apa Saja Isinya?
Salah satu sesi informal dalam KTT Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, 12 November 2021. (Ben STANSALL / AFP)
Glasgow: Negosiator dari hampir 200 negara telah menyepakati perjanjian iklim baru dalam KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia, yang ditutup pada Sabtu, 13 November waktu setempat. Britania Raya sebagai tuan rumah mengatakan bahwa Perjanjian Iklim Glasgow ini dapat mempertahankan harapan dunia dalam menghindari dampak buruk pemanasan global.

Berikut beberapa pencapaian terbesar dalam Perjanjian Iklim Glasgow di COP26, dilansir dari Global News, Minggu, 14 November 2021.

Meningkatkan Ambisi

Perjanjian Iklim Glasgow mengakui bahwa komitmen negara-negara dunia dalam memangkas emisi gas rumah kaca, sejauh ini tidak cukup untuk mencegah memanasnya temperatur Bumi di atas 1,5 derajat Celcius di atas suhu pra-industri.
Untuk menyelesaikan masalah ini, Perjanjian Iklim Glasgow meminta negara-negara dunia untuk memperkuat target pemangkasan emisi pada akhir tahun depan, bukan lima tahun sekali seperti sebelumnya.

Kegagalan menetapkan atau memenuhi target pemangkasan emisi dapat memicu konsekuensi besar. Jajaran ilmuwan mengatakan, peningkatan suhu Bumi di atas 1,5 derajat Celcius dapat memicu kenaikan permukaan air laut secara ekstrem dan berbagai bencana lain, seperti kekeringan, badai dahsyat, dan kebakaran hutan berskala masif.

"Saya rasa hari ini kita dapat mengatakan dengan kredibilitas bahwa target 1,5 (derajat Celcius) masih berada dalam jangkauan," kata Presiden COP26 Alok Sharma.

"Namun denyut nadi (target 1,5 derajat Celcius) relatif lemah, dan kita hanya bisa bertahan hidup jika memenuhi janji-janji kita," sambungnya.
 

Halaman Selanjutnya
Bahan Bakar Fosil Untuk kali…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id