WNI Jadi Relawan Pemadam Kebakaran Hutan California

    Marcheilla Ariesta - 06 Oktober 2020 17:21 WIB
    WNI Jadi Relawan Pemadam Kebakaran Hutan California
    Muhammad Yulfiano Gerwynaldo menjadi bagian tim pemadam kebakaran wilayah California. Foto: Dok.Kemenlu RI
    Los Angeles: Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Los Angeles, Amerika Serikat, ikut menjadi relawan pemadam kebakaran hutan California. Muhammad Yulfiano Gerwynaldo menjadi bagian tim pemadam kebakaran wilayah California.

    Kebakaran tersebut terus menyebar ke beberapa lokasi dan disampaikan oleh beberapa sumber, bahwa kebakaran tersebut menyasar sekitar lebih dari satu juta hektar hutan di selatan California.

    Sekitar 14.000 satuan pemadam kebakaran telah dikerahkan Pemerintah California untuk mengatasi 28 titik api yang terus berkobar sejak beberapa pekan terakhir. Hal ini menyebabkan puluhan warga terdampak dan mengungsi ke beberapa kamp yang secara resmi disiapkan pemerintah setempat.

    Ano, begitu ia biasa disapa mengatakan telah berada di lokasi kebakaran selama tiga pekan. Ia bersama dengan tim pemadam kebakaran secara intens berjibaku memadamkan api yang terus menjalar hingga mendekati pemukiman warga.

    Alumni Fire Academy Los Angeles tersebut mengakui motivasi utamanya ikut terlibat karena panggilan hati.

    "Hati saya tergerak melihat kebakaran yang terjadi di Negara Bagian California. Sebagai manusia, saya perlu melakukan sesuatu," kata dia dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, Selasa, 6 Oktober 2020.

    "Dan ini merupakan sebuah misi kemanusiaan yang mulia," ujarnya.

    Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan, sangat bangga atas keterlibatan Ano. Ia sangat mengapresiasi panggilan hati Ano tersebut.

    "Kami bangga sekali atas apa yang dilakukan Ano. Selain bentuk misi kemanusiaan, tindakan ini semakin memperkuat hubungan people to people contact dan saling mendekatkan antarmasyarakat kedua bangsa," katanya.

    Ia menambahkan, keterlibatan Ano merupakan ciri khas orang Indonesia yang memiliki semangat gotong royong luar biasa.

    Sementara itu, KJRI Los Angeles secara intensif juga terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memastikan keadaan WNI yang bermukim dekat lokasi kejadian. KJRI LA juga mengimbau WNI untuk tetap waspada terhadap perubahan suhu yang terjadi, dan menghindari titik-titik terjadinya kebakaran.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id