Peru Buka Machu Picchu untuk Seorang Turis Khusus

    Willy Haryono - 13 Oktober 2020 10:10 WIB
    Peru Buka Machu Picchu untuk Seorang Turis Khusus
    Machu Picchu dibangun di puncak sebuah gunung di Peru. (Foto: AFP/CRIS BOURONCLE)
    Lima: Pemerintah Peru membuka Machu Picchu hanya untuk satu turis khusus yang sudah menanti selama hampir tujuh bulan untuk bisa masuk ke sana. Machu Picchu merupakan salah satu situs warisan budaya versi UNESCO.

    Jesse Takayama, turis asal Jepang, hendak memasuki Machu Picchu pada Maret lalu. Namun karena adanya pandemi virus korona (covid-19), Machu Picchu ditutup untuk semua orang.

    Menteri Kebudayaan Peru Alejandro Neyra mengatakan bahwa Takayama diizinkan masuk Machu Picchu setelah sang turis mengajukan permohonan khusus.

    Machu Picchu, situs wisata andalan Peru, dijadwalkan dibuka kembali untuk umum dalam kapasitas terbatas mulai November mendatang. Sejauh ini Pemerintah Peru belum menetapkan tanggal pasti.

    Takayama sebenarnya hanya berencana menghabiskan beberapa hari di Peru. Namun ia terjebak di kota Aguas Calientes dekat Machu Picchu usai Pemerintah Peru memberlakukan larangan perjalanan pada pertengahan Maret terkait pandemi covid-19.

    "Dia datang ke Peru dengan impian bisa masuk (ke Machu Picchu)," kata Neyra dalam sebuah konferensi pers virtual, dikutip dari laman BBC pada Selasa, 13 Oktober 2020.

    Izin masuk diberikan ke Takayama pada Sabtu kemarin. Ia masuk ke reruntuhan peradaban suku Inca itu bersama kepala pengurus Machu Picchu. "Ia dapat masuk ke sana sebelum kembali ke negaranya," sebut Neyra.

    "Tur ini benar-benar mengagumkan, terima kasih," ucap Takayama kepada Pemerintah Peru.

    Berdasarkan data terbaru Johns Hopkins University pada Selasa pagi, total kasus covid-19 di Peru telah melampaui 849 ribu dengan 33 ribu kematian.

    Baca:  Buang Air Besar di Machu Picchu, 6 Turis Ditangkap

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id