Meksiko Tangkap Bos Kartel 'El Marro'

    Willy Haryono - 03 Agustus 2020 09:57 WIB
    Meksiko Tangkap Bos Kartel 'El Marro'
    Seorang petugas keamanan di Meksiko bersiaga dalam operasi penangkapan bos kartel narkoba. (Foto: AFP/Pedro Pardo)
    Mexico City: Kepolisian dan pasukan keamanan Meksiko telah berhasil menangkap Jose Antonio Yepez, seorang bos kartel narkotika ternama di negara tersebut. Yepez diyakini bertanggung jawab atas lonjakan aksi kekerasan di Meksiko dalam beberapa tahun terakhir.

    Dikenal dengan julukan "El Marro" atau "Palu Martil," Yepez ditangkap bersama lima orang lainnya. Seorang perempuan yang pernah diculik kelompok Yepez berhasil diselamatkan dalam operasi penangkapan.

    Dikutip dari Sputnik, Minggu 2 Agustus 2020, Yepez selama ini menjalankan kartel bernama Santa Rosa de Lima yang berbasis di Guanajuato. Kartel milik Yepez dikenal sering terlibat bentrok dengan geng narkoba lainnya, yakni Jalisco New Generation Cartel.

    Anggota kartel Santa Rosa de Lima dikenal sering mencuri bahan bakar dari pipa milik pemerintah dan juga merampok kereta barang.

    "El Marro" dikenal sebagai satu dari sedikit bos kartel narkoba yang memperlihatkan sisi lembut. Dalam beberapa video, ia pernah terlihat menangis karena beberapa pendukung dan kerabatnya telah ditangkap polisi.

    Bos kartel ternama lainnya di Meksiko, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, telah dipenjara pada Juli 2019 karena karier penyelundupan obat terlarang selama puluhan tahun di Amerika tengah dan utara.

    Pria berusia 62 tahun itu dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah 30 tahun di penjara keamanan maksimum. Ia diperkirakan akan meninggal terlebih dahulu sebelum bisa menghirup udara bebas.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id