Brasil Catat 69.074 Kasus Covid-19 dalam Sehari

    Fajar Nugraha - 30 Juli 2020 08:31 WIB
    Brasil Catat 69.074 Kasus Covid-19 dalam Sehari
    Seorang relawan di Brasil menerima suntikan vaksin covid-19 yang diuji klinis. Foto: AFP
    Rio de Janeiro: Wabah virus korona di Brasil mencatat angka tertinggi harian pada Rabu 29 Juli dengan 69.074 kasus baru yang dikonfirmasi. Sementara jumlah korban tewas harian baru mencapai 1.595 jiwa.

    Jumlah korban meninggal di Brasil saat ini mencapai 90.134 jiwa. Sedangkan pasien yang sembuh mencapai 1.922.082 jiwa.

    Baca: Sinopharm dan Brasil Uji Vaksin Covid-19 Keempat.

    Brasil adalah negara yang paling parah dilanda covid-19 di luar Amerika Serikat dalam jumlah korban jiwa dan jumlah kasus, dengan lebih dari 2,5 juta kasus yang dikonfirmasi sejak pandemi dimulai.

    “Sao Paulo, negara bagian Brasil yang terpadat dan paling terpukul akibat virus ini. Pemerintah setempat bekerja keras menghadapi kasus yang sebelumnya tidak terdaftar, melaporkan lebih dari 26.000 kasus pada Rabu saja,” menurut keterangan Kementerian Kesehatan Brasil, seperti dikutip AFP, Kamis 30 Juli 2020.

    Presiden Jair Bolsonaro telah mendesak untuk membuka kembali perekonomian Brasil, dengan penguncian di banyak kota kendati jumlah korban penyakit terus meningkat. Dalam beberapa kasus, rakyat Brasil telah memadati bar dan lapangan umum yang ramai, sering kali bertentangan dengan peraturan setempat.

    Bolsonaro sendiri telah melanggar pedoman jarak sosial dengan bergabung dengan para pendukung di demonstrasi di sekitar Ibu Kota Brasilia, dalam beberapa bulan terakhir. Dia jatuh sakit dengan terinfeksi virus korona bulan ini, dan menghabiskan beberapa minggu di isolasi parsial sebelum pulih.

    Selama ini Bolsonaro bersikeras bahwa lockdown atau kuncian dalam menimbulkan kehancuran ekonomi. Dirinya pun menilai covid-19 tak lebih sebagai ‘flu ringan’ dengan perawatan yang melibatkan obat antimalaria hydroxychloroquine. Padahal obat itu tidak terbukti efektif.

    Uji coba vaksin


    Tingginya kasus covid-19 di Brasil membuka peluang pengujian secara klinis vaksin virus korona. Terbaru, perusahaan farmasi Tiongkok Sinopharm bekerja sama dengan Negara Bagian Parana untuk melakukan uji klinis fase tiga.

    Uji klinis yang dilakukan  Sinopharm akan bergabung dengan uji serupa fase tiga yang sudah diumumkan di Brasil bersama AstraZeneca, Sinovac Biotech dan kemitraan Pfizer dengan BioNTech.

    Selain itu Negara Bagian Parana juga dalam pembicaraan dengan para peneliti Rusia tentang memproduksi vaksin potensial Negeri Beruang Merah. Rusia juga telah menghubungi Institut Butantan di Sao Paulo untuk membahas pengujian vaksin mereka.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id