KJRI Istanbul Imbau WNI Tetap Tenang Hadapi Covid-19

    Arpan Rahman - 18 Maret 2020 15:51 WIB
    KJRI Istanbul Imbau WNI Tetap Tenang Hadapi Covid-19
    Petugas menyemprotkan disinfektan di sebuah masjid di Istanbul, Turki, dalam rangka menekan penyebaran virus covid-19. (Foto: AFP)
    Istanbul: Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul menerbitkan imbauan sehubungan penyebaran virus korona (covid-19) di Turki. KJRI Istanbul mengimbau seluruh WNI di Istanbul dan sekitarnya untuk tetap tenang, tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

    Di samping itu, WNI di Turki juga diimbau untuk tidak keluar rumah serta menghindari kerumunan, kecuali jika memang ada keperluan mendesak.     

    "WNI wajib mempelajari upaya dan langkah menghindarkan diri dari tertularnya covid-19, serta bagaimana mengenali gejala tersebut, baik dari sumber resmi WHO, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Kesehatan Turki, dan edaran KJRI Istanbul," kata pihak KJRI Istanbul dalam imbauan tertulis, dilansir Medcom.id, Rabu 18 Maret 2020.

    KJRI mengimbau WNI memeriksakan kesehatan ke rumah sakit atau fasilitas medis terdekat apabila mulai merasakan mengalami gejala-gejala umum covid-19, seperti gangguan pernapasan, batuk, demam, dan sesak napas.

    Beberapa rumah sakit di Istanbul yang dapat dirujuk untuk penanganan covid-19 antara lain Acibadem Maslak Hospital dan Umraniye Devlet Hospital. Merujuk informasi dari Kemenkes Turki, seluruh rumah sakit di Turki dapat memberikan penanganan kepada pasien dengan gejala covid-19.

    Hingga saat ini, KJRI Istanbul terus melakukan pemantauan situasi dan kondisi di Istanbul dan sekitarnya terkait covid-19. Dalam keadaan darurat, WNI di Turki dapat menghubungi nomor Hotline KJRI Istanbul sebagai berikut: +90534 453 5611.

    Data terbaru Universitas Johns Hopkins mencatat total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 198 ribu, dengan 98 di antaranya berada di Turki.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id