Belanda akan Gugat Rusia atas Tragedi MH17

    Willy Haryono - 11 Juli 2020 19:04 WIB
    Belanda akan Gugat Rusia atas Tragedi MH17
    Puing pesawat di lokasi tragedi pesawat MH17 di Ukraina pada 2014. (Foto: AFP)
    Amsterdam: Belanda mengaku akan menggugat Rusia di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa atas tragedi penembakan pesawat maskapai Malaysia Airlines dengan nomor MH17 di Ukraina timur pada 2014. Pesawat yang mengangkut hampir 300 orang itu ditembak jatuh sebuah misil.

    Tim investigasi pimpinan Belanda meyakini misil tersebut berasal dari Rusia. Sebagian besar korban adalah warga Belanda, sedangkan 38 sisanya berasal dari Australia.

    "Lewat gugatan ini, Belanda mewakikil total 298 korban MH17 dari 17 warga negara berbeda," ucap Pemerintah Belanda, dilansir dari laman The New Daily, Sabtu 11 Juli 2020.

    Moskow membantah tudingan bahwa pihaknya menyediakan misil untuk pemberontak pro-Rusia di Donetsk, Ukraina. Rusia hanya menjelaskan bahwa misil tersebut memang buatan Negeri Beruang Merah, namun bukan berarti satu misil spesifik tersebut diberikan kepada separatis.

    Dalam beberapa kesempatan, Presiden Rusia Vladimir Putin membantah terlibat langsung dalam gerakan separatisme di Ukraina. "Pemerintah Belanda menyimpulkan bahwa Rusia bertanggung jawab atas penembakan MH17," ujar pernyataan resmi Amsterdam.

    "Proses hukum ini bertujuan untuk mencari solusi dan keadilan atas kerugian besar yang diakibatkan tragedi MH17," sambungnya.

    April lalu, seorang jenderal dari Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) dituding terlibat dalam tragedi penembakan MH17.

    Menurut keterangan di situs investigatif Bellingcat, Kolonel Jenderal Andrey Ivanovich Burlaka diyakini sebagai tokoh yang bertanggung jawab atas pergerakan senjata dari Rusia ke Ukraina.

    Situs Bellingcat menyebut Burlaka sebagai pengawas "pemindahan pergerakan sejumlah senjata dari Rusia ke Ukraina, dan juga orang yang mengeluarkan izin atas transfer misil BUK yang menembak jatuh pesawat maskapai Malaysia."



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id