comscore

AS Akan Salurkan Rp4,4 Triliun untuk Masyarakat Afghanistan

Marcheilla Ariesta - 11 Januari 2022 21:54 WIB
AS Akan Salurkan Rp4,4 Triliun untuk Masyarakat Afghanistan
Anak-anak Afghanistan membutuhkan bantuan internasional./AFP
Washington: Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan memberikan bantuan kemanusiaan baru untuk Afghanistan senilai USD308 juta (setara Rp4,4 triliun). Bantuan ini diberikan usai PBB memperingatkan masyarakat Afghanistan dapat menghadapi kelaparan akut.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Emily Horne mengatakan, bantuan itu akan langsung disalurkan dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) ke organisasi kemanusiaan independen.

 



USAID mengatakan, dana tersebut akan secara khusus digunakan untuk bantuan makanan dan gizi, mendukung fasilitas perawatan kesehatan dan upaya kesehatan keliling.

Dilansir dari Voice of America, Selasa, 11 Januari 2022, dana tersebut juga untuk memastikan pekerja dan persediaan bantuan dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit. "Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk membantu rakyat Afghanistan," kata USAID.

Baca juga: Dua Pesawat Berisi Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Afghanistan

"Namun, agar bantuan ini menjadi yang paling efektif, semua pekerja bantuan, terutama perempuan, harus diizinkan untuk beroperasi secara mandiri dan aman serta dapat menjangkau perempuan dan anak perempuan tanpa hambatan," lanjut mereka.

USAID mengatakan, AS akan terus mendesak Taliban untuk mengizinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan, kondisi aman bagi kemanusiaan, penyediaan bantuan, dan kebebasan bergerak bagi pekerja bantuan dari semua gender.

Selain mengumumkan kontribusinya sendiri, AS juga mendesak negara lain untuk berkontribusi.

Situasi kemanusiaan di Afghanistan memburuk sejak penarikan pasukan koalisi pimpinan AS pada Agustus lalu. Sejak saat itu, AS membekukan bantuan internasional dan aset-aset Afghanistan agar tidak jatuh ke tangan Taliban.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id