Gempa di Wilayah Aegean Turki, Tidak Ada Korban WNI

    Willy Haryono - 31 Oktober 2020 08:13 WIB
    Gempa di Wilayah Aegean Turki, Tidak Ada Korban WNI
    Petugas berusaha mencari korban dari balik reruntuhan di lokasi gempa bumi di aegean Turki pada Jumat, 30 Oktober malam hingga Sabtu, 31 Oktober 2020 dini hari. (AFP/Ozan Kose)
    Aegean: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,0 terjadi di wilayah Aegean, Turki Tenggara pada Jumat, 30 Oktober 2020. Gempa yang berdekatan dengan perbatasan Yunani tersebut telah menewaskan 22 orang dan melukai 786 lainnya.

    "Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut," ujar Harliyanto, Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara, dalam keterangan tertulis dari Kemenlu RI pada Sabtu, 31 Oktober 2020.

    Baca:  Update: 22 Orang Tewas dan 786 Terluka dalam Gempa di Turki

    Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak. Sebagian besar di sana WNI berprofesi sebagai pekerja spa dan mahasiswa.

    Terdapat sekitar 5000 WNI yang tinggal di Turki, sebagian besar adalah mahasiswa (2700) dan pekerja spa (1500). KBRI Ankara masih terus berkoordinasi dengan Satgas Perlindungan WNI, simpul-simpul WNI dan otoritas setempat. 

    Gempa di Aegean Turki dirasakan hingga ke Istanbul, yang berjarak sekitar 400 km dari lokasi gempa. Sejumlah bangunan di pusat kota Izmir (kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara) mengalami kerusakan berat akibat gempa ini.

    Selain Izmir, kota-kota yang terdampak di sekitar wilayah tersebut antara lain kota Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla. Turki dan Yunani memang sama-sama berada di garis patahan dan gempa bumi biasa terjadi. Sedikitnya 20 bangunan roboh akibat gempa kali ini.

    Hotline perlindungan WNI KBRI Ankara: +90 532 135 22 98

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id