Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan ke Wamenlu Bulgaria

    Willy Haryono - 09 Januari 2021 08:05 WIB
    Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan ke Wamenlu Bulgaria
    Dubes Iwan Bogananta (kanan) bersama Wamenlu Bulgaria Georg Georgiev. (KBRI Sofia)
    Sofia: Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Iwan Bogananta, telah menyampaikan salinan Surat Kepercayaan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Georg Georgiev pada Kamis, 7 Januari. Penyerahan dilaksanakan tidak lama setelah kedatangan Dubes Iwan ke Sofia pada 20 Desember tahun lalu.

    Dalam keterangan tertulis KBRI Sofia yang diterima Medcom.id pada Minggu, 9 Januari 2021, Dubes Iwan juga dijadwalkan menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Bulgaria pada 19 Januari mendatang.

    Saat bertemu Georgiev, Dubes Iwan menyampaikan harapan agar Indonesia dan Bulgaria dapat terus meningkatkan hubungan kemitraan di segala bidang, khususnya memasuki 65 tahun hubungan diplomatik yang terjalin sejak 21 September 1956.

    Secara khusus, Georgiev menyambut baik kedatangan Dubes Iwan. Pertemuan keduanya berlangsung dalam suasana penuh kehangatan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah penerapan pembatasan terkait pandemi virus korona (covid-19) di seluruh wilayah Bulgaria.

    Bulgaria merupakan negara anggota Uni Eropa yang berbatasan langsung dengan Turki, Yunani, Rumania dan kawasan Balkan. Dengan demikian, Bulgaria memiliki geopolitik strategis dan akses pasar ke kawasan Uni Eropa, Asia, dan Balkan.

    Pada September 2019, Indonesia dan Bulgaria menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama perdagangan di sela-sela acara forum bisnis di Sofia.

    Nilai perdagangan antara Indonesia dengan Bulgaria juga terus meningkat. Bahkan, pada 2018 peningkatannya mencapai 300 persen dibanding tahun sebelumnya.

    Bila pada 2017 nilai perdagangan kedua negara ada di angka sekitar USD115 juta, maka di 2018 nilainya melonjak signifikan hingga hampir USD500 juta.

    Baca:  
    Bulgaria Dukung Penuh NKRI dan Buka Pasar untuk Indonesia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id