Fauci Sebut Covid-19 Bisa Saja Berasal dari Lab di Wuhan

    Willy Haryono - 12 Mei 2021 07:13 WIB
    Fauci Sebut Covid-19 Bisa Saja Berasal dari Lab di Wuhan
    Pakar penyakit menular AS Dr Anthony Fauci saat berbicara di Washington, AS pada 11 Mei 2021. (POOL / Getty / AFP)



    Washington: Pakar penyakit menular Amerika Serikat Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa Covid-19 bisa saja berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok. Ia menegaskan investigasi lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan hal tersebut.

    Maret lalu, laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa Covid-19 "kemungkinan besar" bukan berasal dari sebuah kebocoran lab di kota Wuhan.

     



    Pernyataan Fauci disampaikan saat dirinya mendapat sejumlah pertanyaan dari jajaran senator AS. Salah satu pertanyaan datang dari Senator Roger Marshall, yang juga merupakan seorang dokter asal Kansas.

    "Apakah Anda merasa ada kemungkinan Covid-19 berasal dari sebuah kecelakaan di lab, di Wuhan, dan hal itu harus diinvestigasi penuh?" tanya Marshall, dilansir dari laman New York Post pada Selasa, 11 Mei 2021.

    Fauci, salah satu pejabat tinggi Institut Kesehatan Nasional AS (NIS), menjawab: "Kemungkinan itu tentu saja ada, dan saya sangat mendukung investigasi penuh mengenai apakah hal itu memang benar terjadi."

    Di fase-fase awal pandemi, Fauci pernah berkata bahwa Covid-19 kemungkinan "berevolusi di alam dan melompat dari satu spesies ke spesies lain." Kala itu ia menentang anggapan bahwa virus tersebut "bersifat artifisial atau dimanipulasi secara disengaja."

    Sebelum pertanyaan dari Marshall, Fauci mendapat tekanan dari Senator Rand Paul asal Partai Republik. Paul menuduh pemerintah AS telah mendanai sebuah laboratorium di Tiongkok untuk melakukan "riset fungsi menguntungkan."

    Riset semacam itu biasanya dilakukan untuk membuat sebuah virus lebih mematikan di laboratorium, agar peneliti dapat mencari cara untuk memproduksi vaksin yang efektif.

    "Senator Paul, dengan penuh rasa hormat, NIH tidak pernah mendanai riset semacam itu di Wuhan Institute," tegas Fauci.

    Saat Paul berkata, "ilmuwan pemerintah seperti Anda yang mendukung riset menguntungkan," Fauci menyela, "saya tidak mendukung riset menguntungkan di Tiongkok. Anda mengatakan kata-kata yang tidak benar."

    Laporan WHO pada Maret lalu dinilai tidak akurat karena kekurangan sejumlah data krusial dari pemerintah Tiongkok. Dalam laporan itu disebutkan bahwa manusia kemungkinan terinfeksi Covid-19 dari sebuah hewan yang sebelumnya terjangkit virus tersebut dari kelelawar.

    Baca:  AS Kritik Laporan WHO-Tiongkok Mengenai Asal-Usul Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id