KBRI Panama City Kembali Repatriasi 13 ABK WNI

    Marcheilla Ariesta - 16 Februari 2021 17:15 WIB
    KBRI Panama City Kembali Repatriasi 13 ABK WNI
    Sebanyak 13 ABK WNI bekerja yang bekerja di Kapal Playa Muino Vello akan tiba di Indonesia pada Rabu, 17 Februari 2021. (KBRI Panama City)



    Panama City: KBRI Panama City kembali membantu pemulangan anak buah kapal (ABK) WNI dari Panama. Sebanyak 13 ABK WNI yang bekerja di Kapal Playa Muino Vello milik perusahaan Spanyol dipulangkan menggunakan pesawat Iberia Airlines menuju ke Madrid, Spanyol dan lanjut dengan Qatar Airways dari Doha ke Jakarta.

    Rencananya, para ABK WNI ini akan tiba di Jakarta Rabu besok, 17 Februari 2021. Seluruh biaya perjalanan ditanggung oleh pihak perusahaan tempat mereka bekerja.




    Duta Besar RI untuk Panama, Sukmo Harsono meminta para ABK WNI ini berhati-hati dalam bekerja dan memilih perusahaan.

    "Sudah banyak ABK WNI yang mengalami masalah karena tidak mempelajari betul status pekerjaan dan kontrak, serta negara yang dituju, sehingga ABK WNI mengalami kerugian material bahkan mental," katanya, dalam pernyataan KBRI Panama City, Selasa, 16 Februari 2021.

    "Oleh karena itu, pandai-pandai lah memilih agen di Indonesia dan perusahaan di negara tujuan," imbuhnya.

    Baca:  2 ABK WNI Dipulangkan Setelah Ditahan di Libya

    Salah satu ABK juga menyampaikan pengalaman bahwa pada saat diberangkatkan dari Jakarta, pada bulan Februari 2020, dipaksa membayar sejumlah uang kepada petugas di bandara dengan dalih tidak memiliki ‘sijil’ - pemberian uang 'di bawah meja'. Terkait hal ini, para ABK WNI diperiksa dokumennya dan sudah lengkap.

    "Jangan mau memberikan uang kepada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Kalau dokumen sudah lengkap, tidak ada alasan bagi pihak-pihak tertentu di bandara untuk meminta uang," imbuh Dubes Sukmo.

    Dalam pemeriksaan KBRI Panama City, sempat diketahui bahwa surat perjalanan yang dikeluarkan oleh KBRI Panama City, yang seharusnya dibawa oleh para ABK, ternyata belum diberikan kepada semua ABK WNI oleh Agen di Panama.

    Terkait hal ini, Konselor Protokol Konsuler/Pelindungan WNI dan staf segera berkoordinasi kepada pihak Agen sehingga surat perjalanan pun dapat diberikan kepada ke tiga belas ABK WNI tersebut di Bandara untuk dibawa dalam perjalanan ke Tanah Air.

    Konselor Perlindungan WNI, Rheinhard Sinaga menuturkan, Hingga saat ini sudah ada 450 ABK WNI yang berhasil direpatriasi.

    "Sampai saat ini, sudah sekitar 450 ABK WNI berhasil dibantu repatriasinya oleh KBRI Panama City sejak pandemi covid-19 terjadi pada Maret lalu di Panama," tuturnya.

    Ia mengatakan dalam membantu pemulangan ABK WNI, KBRI Panama City selalu berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait baik di Panama maupun di Indonesia.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id