PM Inggris Ingatkan Ancaman Gelombang Kedua Covid-19

    Willy Haryono - 29 Juli 2020 07:44 WIB
    PM Inggris Ingatkan Ancaman Gelombang Kedua Covid-19
    PM Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP)
    London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengingatkan adanya tanda-tanda ancaman "gelombang kedua" virus korona (covid-19) di Eropa. Salah satu indikasinya, angka infeksi harian di Spanyol -- salah satu negara Eropa terparah dilanda covid-19 -- kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir.

    Pernyataan disampaikan PM Johnson dalam membela keputusannya menerapkan karantina 14 hari bagi semua orang yang datang dari Spanyol.

    "Kami harus bertindak cepat dalam hal ini," ujar PM Johnson mengenai kebijakan karantina, dikutip dari laman BBC, Rabu 29 Juli 2020. Ia menyiratkan bahwa Inggris mungkin akan menerapkan langkah serupa kepada negara-negara lain jika memang diperlukan.

    Komentar PM Johnson disampaika usai PM Spanyol Pedro Sanchez mengkritik keputusan Inggris. Menurut PM Sanchez, keputusan tersebut dibuat mendadak dan "tidak adil" bagi Spanyol.

    PM Sanchez mengatakan, turis-turis di sebagian besar wilayah Spanyol akan jauh lebih aman dari ancaman covid-19 ketimbang saat mereka berada di Inggris.

    London telah mengimbau semua warga Inggris untuk tidak melakukan perjalanan ke Spanyol, termasuk ke pulau Balearic dan Canary Islands. Inggris telah mencopot Spanyol dan beberapa pulau wisatanya dari daftar pengecualian karantina covid-19.

    Namun karena hanya bersifat imbauan, PM Johnson menyerahkan keputusan kepada warga Inggris, mengenai apakah mereka akan mengambil risiko untuk bepergian di tengah pandemi saat ini.

    "Keputusan sepenuhnya berada di tangan para keluarga, individu, mengenai ke mana saja mereka ingin bepergian," sebut PM Johnson.

    Selain Inggris, Jerman juga telah mengimbau warganya untuk menghindari beberapa wilayah di Spanyol.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id