Tak Pernah Kenakan Masker, Sekutu Trump Terinfeksi Covid-19

    Fajar Nugraha - 30 Juli 2020 09:58 WIB
    Tak Pernah Kenakan Masker, Sekutu Trump Terinfeksi Covid-19
    Lou Gohmert terinfeksi virus korona. Foto: AFP
    Washington: Seorang anggota parlemen Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik yang terbiasa berjalan-jalan di Kongres tanpa masker terinfeksi virus korona. Kabar didapat di saat dia hendak berkunjung ke Texas bersama Presiden Donald Trump.

    Louie Gohmert mengumumkan diagnosis covid-19 sehari setelah menghadiri sidang rapat dengar pendapat yang menampilkan kesaksian dari Jaksa Agung Bill Barr. Barr bahkan terlihat berjalan dan mengobrol dalam jarak dekat dengan Gohmert tanpa mengenakan masker.

    Berita itu membuat marah Partai Demokrat dan mendorong Ketua DPR AS Nancy Pelosi untuk memerintahkan pemakaian masker di ruangan parlemen. Pelosi mengancam hukuman pemecatan bagi siapa pun yang tidak patuh.

    Gohmert, 66, mengaku tidak menunjukkan gejala dan meremehkan diagnosisnya. Dia mengenakan masker secara sporadis dalam beberapa pekan terakhir dan menggerakkannya di wajahnya karena merasa tidak nyaman ‘memasukkan beberapa kuman ke dalam masker’ dan mungkin ini menyebabkan infeksi.

    Bahkan ketika pandemi telah merebak di Amerika Serikat, Trump dengan gigih mengabaikan rekomendasi dari para ahli medis AS. Dia masih enggan mewajibkan warga memakai masker untuk membantu mengekang penyebaran virus dan dia tidak mengenakannya di depan umum sampai 11 Juli.

    Sejak itu, anggota parlemen dari Partai Republik yang menghindari masker sudah mulai memakainya lebih teratur. Tapi untuk memakai atau tidak memakai masker tetap menjadi perdebatan politik di negara ini.

    Gohmert diuji covid-19 pada Rabu di Gedung Putih karena ia seharusnya menemani Trump pada kunjungan ke Texas.

    "Jadi saya tidak menunjukkan gejala. Saya tidak memiliki gejala apa pun yang menunjukkan covid-19. Tetapi ternyata saya memiliki virus Wuhan," kata Gohmert dalam sebuah video menggunakan istilah yang membuat marah Tiongkok, seperti dikutip AFP, Kamis 30 Juli 2020.

    Gohmert mengatakan dia telah mengenakan masker lebih sering dalam satu atau dua minggu terakhir daripada dalam semua empat bulan terakhir. Dia mengaku menggunakan masker selama persidangan Selasa dengan Barr.

    Tapi dia melepasnya beberapa kali dan terlihat berjalan dan berbicara dengan Barr sebelum sidang.

    "Pakai masker itu,” tegas perwakilan Partai Demokrat Jennifer Wexton dari Virginia.

    "Saya tidak tahu siapa yang perlu mendengar ini. Tetapi jika Anda adalah Anggota Kongres yang menolak untuk mengenakan masker di Capitol Hill, Anda tidak hanya membahayakan rekan kerja Anda - Anda membahayakan staf yang bekerja di sini, termasuk banyak konstituen saya," ucap Wexton.


    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id