Saran WHO untuk Mereka yang Bekerja dari Rumah

    Willy Haryono - 21 Maret 2020 20:02 WIB
    Saran WHO untuk Mereka yang Bekerja dari Rumah
    Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: WHO/AFP)
    Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memberikan sejumlah saran kepada mereka yang bekerja dari rumah di tengah pandemi penyakit virus korona (covid-19). Tedros berharap semua orang yang bekerja dari rumah tetap sehat dan bugar hingga pandemi covid-19 berakhir.

    "Kehidupan sudah berubah drastis bagi kita semua, tapi kesehatan fisik dan mental harus tetap dijaga," tulis Tedros di Twitter

    Dikutip dari Guardian, Sabtu 21 Maret 2020, ia menyarankan agar semua orang yang saat ini berdiam diri di rumah untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, membatasi atau tidak sama sekali mengonsumsi minuman beralkohol, dan berolahraga secara rutin.

    "Saat Anda bekerja dari rumah selama #COVID19, pastikan jangan duduk di posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Berdiri dari tempat duduk, dan beristirahat sekitar tiga menit per 30 menit sekali," ungkap Tedros.

    Tedros menyebut bekerja dari rumah bukan berarti benar-benar menutup kehidupan sosial. Ia menyarankan agar komunikasi dengan keluarga dan tetangga tetap terjaga, meski disarankan dilakukan dengan menggunakan teknologi dan tidak bertemu langsung.

    "Saat kita semua sedang #TogetherAtHome (bersama-sama diam di rumah): dengarkan musik, membaca buku atau bermain game. Disarankan untuk tidak terlalu sering menonton atau membaca berita jika hal itu membuat Anda khawatir. Dapatkan informasi mengenai #COVID19 dari sumber terpercaya, satu atau dua kali sehari," sebut Tedros.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 275 ribu. Sementara angka kematian global akibat covid-19 telah menyentuh angka 11.402, dengan pasien sembuh mencapai 88.258.

    WHO berulang kali menegaskan bahwa komunitas global dapat mengalahkan covid-19 jika langkah-langkah penanganannya tepat. WHO menyarankan banyak negara untuk mencontoh Tiongkok, yang dinilai telah berhasil dalam mengendalikan penyebaran covid-19.

    Selama tiga hari berturut-turut, Tiongkok telah melaporkan nol kasus covid-19 yang bersifat domestik. Kasus-kasus baru covid-19 di Tiongkok kini hanya ada yang berasal dari luar negeri.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id