KBRI Bratislava Serukan Upaya Bersama Mengatasi Pandemi Covid-19

    Willy Haryono - 02 Oktober 2021 12:02 WIB
    KBRI Bratislava Serukan Upaya Bersama Mengatasi Pandemi Covid-19
    Duta Besar Indonesia untuk Slovakia Adiyatwidi Adiwoso Asmady (tengah) hadir dalam resepsi diplomatik yang digelar KBRI Bratislava pada 28 September 2021. (KBRI Bratislava)



    Bratislava: Masih dalam suasana perayaah HUT ke-76 RI, KBRI Bratislava menyelenggarakan resepsi diplomatik dengan mengundang kalangan pemerintah dan parlemen Slovakia, perwakilan diplomatik asing, dan Friends of Indonesia pada 28 September lalu. Sebagai tamu kehormatan, hadir Martin Klus, Sekretaris Negara Kementerian Luar Negeri dan Eropa Slovakia dan Jan Oravec, Sekretaris Negara Kementerian Perekonomian Slovakia.

    Duta Besar Indonesia untuk Slovakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, menyatakan bahwa RI menghadapi tantangan yang sama dengan negara-negara lain dalam menghadai pandemi Covid-19. Namun Indonesia berhasil mengatasi penyebaran virus dan mencapai pertumbuhan ekonomi positif walau sempat terhantam pandemi.

    Dalam keterangan di situs Kemenlu RI, Jumat, 1 Oktober 2021, Dubes Adiyatwidi juga menekankan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mendorong vaksinasi dan menyuarakan ketersediaan vaksin secara global melalui kerangka kerja sama bilateral dan multilateral. Ia juga menyebutkan kembali seruan Presiden Joko Widodo dalam Sidang ke-76 Majelis Umum PBB mengenai isu pasokan dan diskriminasi vaksin.

    Mengingat Indonesia saat ini sudah berada di bawah ambang batas penyebaran Covid-19 menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dubes Adiyatwidi juga menyampaikan harapan kepada Pemerintah Slovakia agar dapat memasukkannya RI ke daftar hijau bebas perjalanan selama pandemi Covid-19.

    Dalam hubungan Indonesia–Slovakia, Dubes Adiyatwidi menginformasikan sejumlah perkembangan terakhir dalam hubungan bilateral, antara lain: Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang saat ini sedang dalam proses penandatanganan oleh kedua menteri pertahanan; Virtual Indonesian House sebagai wadah bagi para pebisnis Indonesia – Slovakia untuk saling berinteraksi dan berpromosi; serta Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Bidang Meteorologi. 

    Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Indonesia melalui tampilan tarian tradisional Bali, Oleg Dance, dan foto-foto Magnificent Indonesia. Para tamu juga dimanjakan beragam hidangan khas Indonesia, di antaranya rendang, sate, nasi goreng, mi goreng serta deretan jajanan tradisional seperti lemper, kue lumpur, dan kue lapis.

    Baca:  RI-Slovakia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral(WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id