comscore

Paus Fransiskus Minta Dunia Anggap Perubahan Iklim sebagai Perang Global

Medcom - 03 November 2021 21:07 WIB
Paus Fransiskus Minta Dunia Anggap Perubahan Iklim sebagai Perang Global
Paus Fransiskus anggap perubahan iklim sebagai perang global. Foto: AFP
Glasgow: Paus Fransiskus mengatakan, luka kembar yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 dan perubahan iklim sebanding dengan yang disebabkan oleh konflik global, serta harus dihadapi dengan cara yang sama.

Pernyataan yang disampaikan pada Selasa, 2 November 2021 ini ditujukan kepada para pemimpin negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP26 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Glasgow, Skotlandia. 
Dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 3 November 2021, pernyataan yang dibacakan oleh Sekretaris Negara Vatikan Kardinal, Pietro Parolin juga mengatakan, Paus Fransiskus menambahkan, sejumlah negara kaya memiliki “utang ekologis” yang luar biasa dengan berbagai negara miskin.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan sumber daya alam yang tidak proporsional dari sejumlah negara berkembang oleh negara-negara maju. 

“Luka yang menimpa keluarga manusia kita akibat pandemi covid-19 dan fenomena perubahan iklim sebanding dengan yang diakibatkan oleh konflik global,” kata Parolin.

Paus menyerukan, pelaksanaan tindakan kolegial dan berpandangan jauh ke depan “seperti setelah Perang Dunia Kedua”, dimana berbagai negara menunjukkan solidaritas dan kerja sama untuk kebaikan semua, terutama yang paling lemah.

Sejumlah negara dengan sarana yang lebih besar dinilai harus memimpin dalam “dekarbonisasi dalam sistem ekonomi dan kehidupan masyarakat” dan memberikan lebih banyak dukungan kepada negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim. (Nadya Ayu Soraya)

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id