Swafoto Tanpa Masker, Presiden Chile Didenda Hampir Rp50 Juta

    Willy Haryono - 19 Desember 2020 16:05 WIB
    Swafoto Tanpa Masker, Presiden Chile Didenda Hampir Rp50 Juta
    Presiden Chile Sebastian Pinera (kiri) berfoto tanpa masker di sebuah pantai pada 5 Desember 2020. (@Twitter/InfectiousDz)



    Santiago: Presiden Chile Sebastian Pinera diwajibkan membayar denda sebesar USD3.500 atau setara Rp50 juta usai melakukan swafoto (selfie) di area pantai tanpa memakai masker, yang merupakan suatu pelanggaran terhadap protokol kesehatan virus korona (covid-19). Ia melaporkan sendiri pelanggarannya tersebut ke otoritas kesehatan.

    Dalam sebuah pernyataan, otoritas kesehatan Chile mengonfirmasi bahwa Pinera dijatuhi denda karena berfoto bersama seorang warga tanpa memakai masker. Denda dijatuhkan pada Jumat kemarin, meski pelanggaran yang dilakukan Pinera terjadi pada 5 Desember.






    Foto selfie yang memperlihatkan Pinera dengan seorang perempuan, yang juga tidak memakai masker, memicu kemarahan warga Chile. Banyak warga mengecam keras karena Pinera telah melanggar aturan yang dibuatnya sendiri.

    Kurang dari satu hari usai munculnya foto tersebut, Pinera menyampaikan permintaan maaf via media sosial. Ia mengakui foto tanpa maskernya itu adalah "sebuah kesalahan yang akan selalu saya sesalkan."

    "Kemarin, saya jalan-jalan di pantai, yang belum pernah lagi saya lakukan sejak tahun lalu. Cukup sepi kala itu, hingga ada beberapa orang yang mengenali saya dan meminta berfoto," sebut Pinera, dikutip dari laman RT pada Sabtu, 19 Desember 2020.

    "Tentu saja saya seharusnya memakai masker. Tapi karena peristiwanya berjalngsung cepat, saya tidak melakukannya, dan itu adalah sebuah kesalahan yang saya sesali, dan saya meminta maaf," sambung dia.

    "Tidak diragukan lagi bahwa menjaga kesehatan diri sangat penting dalam menghindari infeksi baru, dan kita semua harus menghormati aturan," tutur Pinera.

    Ini bukan kontroversi pertama Pinera terkait foto diri. Tahun lalu, ia memicu kemarahan usai muncul dalam sebuah foto yang memperlihatkan pesta pizza. Pesta itu digelar di malam yang sama dengan terjadinya aksi protes politik berskala masif di Santiago, Chile.

    Menurut data Johns Hopkins University, Chile sejauh ini mencatat lebih dari 581 ribu kasus covid-19 dan sekitar 16 ribu kematian.

    Baca:  Ilmuwan Chile Selidiki Potensi Mutasi Covid-19 di Patagonia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id