Kanada Tangguhkan Distribusi Vaksin Johnson & Johnson

    Willy Haryono - 01 Mei 2021 16:11 WIB
    Kanada Tangguhkan Distribusi Vaksin Johnson & Johnson
    Vaksin covid-19 buatan Johnson & Johnson. (AFP)



    Ottawa: Otoritas kesehatan Kanada menangguhkan distribusi vaksin Covid-19 buatan Johnson & Johnson di seantero negeri. Penangguhan dilakukan saat Kanada mengetahui bahwa sebuah bahan aktif vaksin Johnson & Johnson yang dibuat di sebuah fasilitas di Amerika Serikat mendapat perhatian khusus dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA).

    Kanada telah menerima 300 ribu dosis vaksin Johnson & Johnson yang dibuat perusahaan Janssen pada 28 April lalu.

     



    Namun dalam sebuah pernyataan pada Jumat kemarin, Badan Kesehatan Kanada mengaku menangguhkan distribusi vaksin Johnson & Johnson dan "baru akan didistribusikan" setelah produk tersebut memenuhi "standar kualitas, keamanan, dan efikasi."

    Langkah penangguhan dilakukan usai Badan Kesehatan Kanada mengetahui bahwa sebuah bahan aktif dari vaksin Johnson & Johnson di fasilitas Emergent BioSolutions di Baltimore pernah diperiksa oleh FDA. Dalam pemeriksaan, FDA mengungkapkan beberapa kekhawatiran terkait bahan aktif tersebut.

    Badan Kesehatan Kanada mengatakan bahwa "bahan aktif tersebut adalah bahan yang terlibat dalam finalisasi produk final" vaksin Johnson & Johnson.

    "Kami akan memastikan produk yang dibuat di Emergent atau fasilitas lainnya di AS, hanya akan diimpor dan didistribusikan di Kanada jika sudah sesuai standar kualitas dan keamanan," ucap Badan Kesehatan Kanada, dilansir dari laman Hindustan Times pada Sabtu, 1 Mei 2021.

    Saat ini Badan Kesehatan Kanada sedang berkoordinasi dengan Janseen dan FDA untuk memperoleh semua informasi yang diperlukan.

    Kanada telah menerima 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dari Emergent. Mengenai hal ini, Badan Kesehatan Kanada juga sedang berkoordinasi dengan Emergent untuk memastikan "fasilitas tersebut membuat vaksin sesuai standar, dan semua produk yang dipasok ke Kanada berkualitas tinggi."

    Baca:  AS Lanjutkan Penggunaan Vaksin Johnson & Johnson

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.

     

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id