Kapal Perang Rusia Ancam Tabrak Perusak Milik AS

    Juven Martua Sitompul - 25 November 2020 05:57 WIB
    Kapal Perang Rusia Ancam Tabrak Perusak Milik AS
    Kapal perang AS USS John S McCain diancam ditabrak kapal perang Rusia. Foto: AFP/US NAVY
    Moskow: Kapal perang Rusia 'mengancam akan menabrak' kapal perusak milik Amerika Serikat (AS). Laksamana Vinogradov mengancam kapal USS John S McCain di Pasifik karena 'beroperasi secara ilegal’.

    Ancaman muncul selama kebuntuan angkatan laut yang jarang terjadi antara kedua negara di perairan lepas pantai Pasifik Rusia.

    Rusia mengatakan pada Selasa 24 November 2020 bahwa Laksamana Vinogradov, sebuah kapal perusak Rusia mengancam USS John S McCain. Kapal perusak berpeluru kendali angkatan laut AS ini, dianggap ’beroperasi secara ilegal’ di perairan teritorialnya dekat Laut Jepang.

    Angkatan Laut AS mengatakan kapalnya telah berada di perairan internasional saat melakukan operasi ‘kebebasan navigasi’ untuk menegaskan haknya dan menantang apa yang dikatakannya sebagai klaim maritim Rusia yang berlebihan.

    “Kapal AS itu kemudian mundur ke perairan netral,” klaim pihak Rusia, seperti dikutip AFP, Rabu 25 November 2020.

    Rusia dan AS secara teratur mengacak pesawat untuk saling mencegat pengebom dan pesawat pengintai saat mereka membelok di jalur penerbangan provokatif di dekat perbatasan internasional. Pilot Rusia tampaknya senang membuat takut rekan-rekan Amerika mereka, dan AS telah mengeluh tentang penyadapan yang ‘tidak aman’.

    Tapi jarang kapal kedua negara menantang atau mengancam akan menabrak satu sama lain. Pada Januari, sebuah kapal militer Rusia mendekati USS Faraggut, sebuah kapal perusak, di Laut Arab Utara. AS mengeluh bahwa kapal itu berperilaku ‘agresif’. Tabrakan dekat lainnya terjadi di dekat Filipina pada 2019 antara kapal penjelajah peluru kendali AS dan kapal perusak Rusia.

    Pada Selasa, Rusia mengatakan kapal perang Armada Pasifiknya telah melacak kapal perusak Amerika di Teluk Peter, dan bahwa kapal AS telah melanggar perairan teritorial Rusia pada pukul 03.17 dengan menempuh jarak dua kilometer di luar perbatasan laut. Namun AS bersikeras tidak melakukan kesalahan.

    “AS tidak akan pernah tunduk dalam intimidasi atau dipaksa untuk menerima klaim maritim yang tidak sah, seperti yang dibuat oleh Rusia," kata Letnan Joe Keiley, juru bicara Armada ke-7.

    “Pernyataan Federasi Rusia tentang misi ini salah. USS John S McCain tidak 'diusir' dari wilayah negara mana pun,” tegasnya.

    Sementara Laksamana Vinogradov terus mengamati pergerakan dari USS John S McCain dan kapal lain, sebuah korvet yang dikirim ke daerah itu. “Kapal perusak AS tidak melakukan upaya lebih lanjut untuk memasuki perairan Rusia setelah pergi,” ujar Vinogradov.

    Insiden seperti itu di laut jarang terjadi, tetapi hal ini menggarisbawahi hubungan diplomatik dan militer yang buruk antara Rusia dan AS, yang hubungannya merana setelah perang dingin.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id