comscore

Pfizer Sebut Vaksin Khusus Omicron Siap Dipakai Maret Mendatang

Willy Haryono - 11 Januari 2022 11:26 WIB
Pfizer Sebut Vaksin Khusus Omicron Siap Dipakai Maret Mendatang
Logo Pfizer terlihat di salah satu pabriknya di Belgia. (JONAS ROOSENS / BELGA / AFP)
Washington: Perusahaan obat-obatan Pfizer mengatakan bahwa vaksin terbaru untuk menangani varian Covid-19 Omicron akan siap digunakan pada Maret mendatang. CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan, vaksin khusus Omicron ini juga dapat dipakai untuk memberikan perlindungan dari berbagai varian lain.

Kepada kantor berita CNBC pada Senin, 10 Januari 2022, Bourla mengatakan Pfizer mengembangkan vaksin Omicron atas dasar permintaan dari banyak negara.
"Vaksin ini akan keluar pada Maret mendatang," ujar Bourla, dilansir dari NDTV, Selasa, 11 Januari 2022. "Saya belum tahu apakah kita akan benar-benar memerlukannya. Saya juga belum tahu bagaimana skema pemberiannya," sambung dia.

Bourla mengatakan vaksin-vaksin Covid-19 yang ada saat ini, dengan ditambah pemberian dosis ketiga (booster), sudah cukup memberikan perlindungan terhadap gejala berat Omicron. Namun vaksin yang secara spesifik ditujukan unttuk Omicron dapat memberikan perlindungan dari penularannya, bukan hanya gejala berat.

Dalam wawancara terpisah dengan CNBC, CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan bahwa perusahaannya sedang mengembangkan sebuah booster yang dapat menangani Omicron serta varian-varian lainnya. Moderna memprediksi booster ini akan keluar di musim gugur 2022.

"Kami sedang berdiskusi dengan para pemimpin kesehatan publik di seluruh dunia, untuk memutuskan apa yang kami semua pikir merupakan strategi terbaik, yaitu sebuah booster untuk musim panas 2022," sebut Bancel.

"Tapi kami perlu berhati-hati untuk selalu berada satu langkah di depan virus ini, bukan di belakangnya," lanjut dia

Omicron merupakan varian Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada November 2021. Omicron, lebih menular dari varian-varian lain, telah menyebar ke lebih dari 100 negara dan teritori.

Meski gejala yang ditimbulkannya relatif ringan, Omicron disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dapat membebani sistem kesehatan di banyak negara.

CDC: Vaksin Pfizer-BioNTech Timbulkan Efek Samping Ringan pada Anak

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id