comscore

Perkenalkan Soto Betawi, Indonesian Gourmet Day Unjuk Gigi di Michigan

Willy Haryono - 27 Juni 2022 22:48 WIB
Perkenalkan Soto Betawi, Indonesian Gourmet Day Unjuk Gigi di Michigan
Para pengunjung antusias menyantap makanan Indonesia dalam acara Indonesian Gourmet Day di East Lansing, Michigan, AS, 25 Juni 2022. (KJRI Chicago)
Chicago: Masih dalam misi memperkenalkan dan mempopulerkan hidangan Indonesia, setelah Chicago, Madison dan Kansas City, kali ini KJRI Chicago berpetualang sebanyak 350 kilometer ke arah timur Chicago untuk menyelenggarakan salah satu signature program gastro diplomasi KJRI Chicago, Indonesian Gourmet Day di East Lansing, Michigan pada Sabtu, 25 Juni.

Dalam Indonesian Gourmet Day kali ini, pengunjung bisa mendapatkan satu goodie bag berisi makanan, minuman dan makanan kecil khas Indonesia setiap pembelian senilai 25 dolar. Untuk memeriahkan acara, Indonesian Gourmet Day juga menampilkan tarian Bali Manukrawa yang dibawakan penari Rianti Love. 
Indonesian Gourmet Day sukses menarik pengunjung datang berbondong–bondong dari jam 11.30 pagi sampai 20.00. Goodie bag yang disediakan ludes diberikan. Tidak kurang dari 200 pengunjung datang dan penjualan meningkat sebanyak 150 persen. 

Beberapa diaspora mengaku menyetir beberapa jam untuk sampai di Lansing, sementara beberapa pengunjung yang lain menyampaikan mereka khusus datang untuk mengobati rasa kangen terhadap Indonesia.

Salah satu pengunjung Indonesian Gourmet Day, Suzanne Bersten menyampaikan bahwa ia pernah menjadi relawan di Padang pada tahun 1997-1998. "Saya selalu merindukan makanan Indonesia, sehingga senang sekali rasanya bisa merasakan makanan Indonesia lagi," katanya dengan bahasa Indonesia yang fasih. 

Pengunjung lain, keluarga kecil Yulia Hulet dan suaminya Kevin Hulet menyampaikan rasa senangnya bisa kembali mencicipi makanan Indonesia. Mereka khusus menyetir 60 km untuk datang ke East Lansing. "Saya suka sekali makanan pedas, jadi makanan Indonesia benar – benar pas untuk saya," tukas Derek Clark, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago, Senin, 27 Juni 2022.

Wita Clark menyampaikan rasa senangnya menemukan makanan Indonesia yang autentik. "Rasa makanannya enak, dan sama dengan rasa makanan di Indonesia. Saya tahu terkadang susah menemukan restoran dengan cita rasa yang autentik, sehingga dengan adanya Toaste dan Indonesian Gourmet Day, saya tidak usah menyetir terlalu jauh demi sepiring sate ayam," katanya tertawa.

Baca:  Kenalkan Rasa Otentik Indonesia, Indonesian Gourmet Day Hadir di Kansas

Upaya Dukung Diaspora

Bekerja sama dengan salah satu diaspora Ibu Dewi Puspa, Indonesian Gourmet Day ke-4 ini diadakan di restoran Toaste, yang sudah berdiri lebih dari lima tahun. Untuk Indonesian Gourmet Day, Toaste menyajikan ayam panggang, ayam Bali, soto Betawi, rendang dan beberapa jenis sate.

Ibu Dewi Puspa menceritakan bagaimana sulitnya Toaste menavigasi pandemik Covid-19 dan bagaimana perjuangan untuk mempertahankan Toaste. “Kami harus menutup Toaste untuk beberapa bulan karena ketatnya karantina yang berlangsung. Namun, kami ingin Toaste tetap dibuka, sehingga kami sangat menghargai bantuan KJRI Chicago,” cetusnya. 

Ia juga bercerita mengenai transisi Toaste, dari kafe yang fokus pada minuman dingin dan hidangan penutup ke restoran Indonesia.

"Anak sulung saya, David, adalah chef yang bekerja di restoran dengan 3 bintang Michelin di California. Kami bekerja bersama membangun resep, dan terus bereksperimen untuk menemukan rasa yang tepat. All was made in house from scratch," kata Ibu Dewi.

Konjen KJRI Chicago Meri Binsar Simorangkir menyampaikan bahwa Indonesian Gourmet Day ini adalah upaya nyata KJRI Chicago untuk tidak hanya memperkenalkan kuliner Indonesia yang sangat beragam, tapi juga upaya mendukung warga negara Indonesia. 

"Kami tahu betapa kerasnya pandemi Covid-19 telah menerpa industri makanan, khususnya restoran, sehingga kami ingin membantu sebisa mungkin. Mulai dari mensponsori Indonesian Gourmet Day sampai dengan menyediakan bumbu-bumbu yang sulit didapat. Ini adalah bentuk nyata dukungan KJRI untuk diaspora," cetus Konjen Meri.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id