Fauci: AS Harus Lanjutkan Skema Dua Dosis Vaksin Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 02 Maret 2021 17:06 WIB
    Fauci: AS Harus Lanjutkan Skema Dua Dosis Vaksin Covid-19
    Kepala penasihat medis kepresidenan AS, Anthony Fauci saat berada di Washington DC pada 25 Februari 2021. (POOL/Getty/AFP)



    Washington: Amerika Serikat harus berkomitmen terhadap pada strategi pemberian dua dosis vaksin Covid-19 per individu, ucap penasihat medis kepresidenan Anthony Fauci. Vaksin yang digunakan dalam skema ini adalah produk buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna.

    Menurut Fauci, penundaan skema dua dosis vaksin Covid-19 hanya akan menciptakan risiko penularan di AS.






    Ia memperingatkan jika pemerintah AS beralih ke strategi dosis tunggal, maka warga AS akan kurang terlindungi. Strategi dosis tunggal dapat dilakukan dengan menggunakan produk Johnson & Johnson, vaksin ketiga yang telah mendapat izin penggunaan di AS.

    "Ada risiko dari masing-masing strategi," kata Fauci, dilansir dari laman Washington Post pada Selasa, 2 Maret 2021.

    "Selama ini kami menginformasikan kepada warga bahwa mereka harus menerima dua dosis vaksin," sambungnya. Ia mengatakan jika strategi itu tiba-tiba diubah, masyarakat mungkin akan merasa bingung atau tidak percaya lagi kepada pemerintah.

    "Saya rasa tantangannya adalah bagaimana cara kami menyampaikan pesan tersebut," tutur Fauci.

    Ia mengaku telah berbicara dengan pejabat kesehatan Inggris yang memilih menunda pemberian dosis kedua demi mempercepat penambahan jumlah warga yang divaksinasi. Fauci mengatakan bahwa strategi yang diterapkan di Inggris tersebut tidak cocok dipakai di AS.

    Menurut Fauci, data-data sains terkini tidak mendukung skema penundaan dosis kedua. Ia tetap mendorong skema dua dosis demi perlindungan maksimal, terutama dari beberapa varian baru Covid-10 yang lebih menular.

    Akhir pekan kemarin, Fauci mendorong warga untuk menerima salah satu dari tiga vaksin yang sudah disetujui AS, yakni yang dikembangkan Pfizer-BioNTech, Moderna dan Johnson & Johnson.

    Baca:  Fauci Tegaskan Tiga Vaksin AS Sangat Efektif Halau Covid-19

    Covid-19 telah merenggut lebih dari setengah juta nyawa di Amerika Serikat, dan negara-negara bagian di Negeri Paman Sam menuntut lebih banyak pendistribusian vaksin demi menekan angka kasus, pasien rawat inap, dan kematian terkait virus tersebut.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id