Putin dan Pashinyan Diskusikan Konflik Armenia-Azerbaijan

    Willy Haryono - 03 Oktober 2020 19:04 WIB
    Putin dan Pashinyan Diskusikan Konflik Armenia-Azerbaijan
    Pertempuran pasukan Armenia dan Azerbaijan berlangsung di Nagorno-Karabakh sejak Minggu 27 September 2020. (AFP)
    Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan membicarakan konflik terkini antar pasukan Azerbaijan dan milisi Armenia di wilayah Nagorno-Karabakh via sambungan telepon pada Jumat 2 Oktober. Keduanya membicakan seputar konflik tersebut, termasuk mengenai informasi adanya sejumlah grup bersenjata ilegal.

    "Kedua kubu mengekspresikan kekhawatiran mendalam mengenain informasi keterlibatan sejumlah grup bersenjata ilegal dari Timur Tengah," ucap pernyataan kantor kepresiden Rusia, dilansir dari laman Telesur, Sabtu 3 Oktober 2020.

    Putin menekankan pentingnya mengakhiri ketegangan di Nagorno-Karabakh, untuk kemudian melanjutkan upaya politik dan diplomasi antara Armenia dan Azerbaijan. Ia juga menegaskan bahwa penyelesaikan konflik harus sejalan dengan pernyataan Minsk Group dari Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE).

    Usai percakapan via telepon, Putin dan Pashinyan sepakat untuk melanjutkan percakapan melalui beragam format.

    Kamis kemarin, Putin bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron -- mewakili OSCE Minsk Group -- menyerukan diakhirinya pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh melalui sebuah pernyataan gabungan.

    Dari kubu Azerbaijan, Menteri Luar Negeri Jeyhun Bayramov telah membicarakan konflik Nagorno-Karabakh dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu via sambungan telepon. 

    Pertempuran terbaru antara Armenia dan Azerbaijan meletus pada Minggu pekan kemarin, yang berujung pada tewasnya puluhan orang.

    Kedua negara sudah berseteru memperebutkan Nagorno-Karabakh sejak 1988. Dialog damai Armenia dan Azerbaijan telah digelar sejak 1994 setelah tercapainya gencatan senjata.

    Namun hingga kini kedua negara masih sering terlibat bentrokan di sepanjang perbatasan.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id