India Resmi Pegang Presidensi DK PBB

    Willy Haryono - 01 Agustus 2021 15:03 WIB
    India Resmi Pegang Presidensi DK PBB
    Sebuah sesi di Dewan Keamanan PBB di New York, AS. (AFP)



    New York: India resmi memegang presidensi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), Minggu, 1 Agustus 2021. Presidensi ini diterima India dari pemegang sebelumnya, yakni Prancis.

    Duta Besar India untuk PBB, TS Tirumurti, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Tetap Prancis untuk PBB Nicolas de Riviere, yang telah menjalankan presidensi DK PBB dengan baik sepanjang Juli.

     



    Sebagai ketua DK PBB, India akan fokus menangani masalah keamanan maritim, penjaga perdamaian, dan anti-terorisme. Dubes Rusia untuk India Nikolay Kudashev mengapresiasi tiga fokus tersebut.

    Dubes Prancis untuk India Emmanuel Lenain juga mengaku senang New Delhi kini memegang presidensi DK PBB.

    "Kami berkomitmen untuk terus bekerja dengan India di isu-isu strategis seperti keamanan maritim, penjaga perdamaian, dan anti-terorisme," ucapnya, dilansir dari laman Mint.

    Ini merupakan presidensi pertama India di DK PBB selama menjadi anggota tidak tetap organisasi tersebut di periode 2021-2022. Masa keanggotaan India di DK PBB dimulai pada 1 Januari 2021.

    Hari kerja pertama India sebagai ketua DK PBB akan dimulai pada Senin besok, 2 Agustus. Nantinya, Dubes Tirumurti akan menggelar konferensi pers hibrida di markas PBB dan juga secara daring dalam menyampaikan fokus India selama masa presidensi.

    DK PBB adalah satu dari enam organ utama PBB, yang bertugas memastikan keberlangsungan perdamaian serta keamanan internasional dan mengesahkan segala bentuk perubahan dalam Piagam PBB.

    Baca:  Program Padat DK PBB di Bawah Kepemimpinan Indonesia


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id