Kartu Kekebalan Hongaria, Dipuji Tetapi Juga Timbulkan Diskriminasi

    M Sholahadhin Azhar - 23 Juni 2021 08:03 WIB
    Kartu Kekebalan Hongaria, Dipuji Tetapi Juga Timbulkan Diskriminasi
    Stadion Puskas Arena dipenuhi dengan para penonton pendukung tim nasional Hongaria di gelaran Euro 2020. Foto: AFP



    Budapest: Puluhan ribu penggemar sepak bola memadati Stadion Puskas Arena di Budapest, Hongaria pekan lalu untuk menghadiri pertandingan Euro 2020. Menarik di tengah pandemi yang terjadi, stadion itu tampak penuh.

    Timbul pertanyaan, apakah rakyat Hongaria tidak takut dengan covid-19 atau mereka sudah terbebas dari virus korona?

     



    Hingga saat ini, Hungaria menjadi satu-satunya dari 10 negara tuan rumah turnamen yang mengizinkan penonton penuh di stadion. Di lain pihak,  Hongaria telah melakukan salah satu upaya vaksinasi covid-19 paling sukses di Eropa.

    Kesuksesan vaksinasi Hungaria ini dimungkinkan untuk mereka mengadopsi kartu kekebalan yang dikeluarkan pemerintah. Kartu kekebalan membuktikan bahwa pembawa mereka telah menerima setidaknya satu dosis vaksin atau pulih dari covid-19, dan memungkinkan mereka mengakses acara olahraga serta ke layanan dan tempat seperti hotel, spa, konser, teater, dan restoran dalam ruangan.

    Namun sementara kartu telah memungkinkan banyak orang untuk mendapatkan kembali banyak aspek kehidupan sebelum pandemi. Sedangkan yang lain khawatir bahwa penggunaannya dapat berdampak pada hak-hak dasar.

    “Ada banyak kecemasan di masyarakat tentang potensi diskriminasi,” kata David Vig, Direktur Amnesty International Hongaria, seperti dikutip dari US News, Rabu 23 Juni 2021.

    “(Pemerintah) berkata, 'Akan ada perbedaan antara orang-orang: Mereka yang memiliki kartu vaksinasi, dan mereka yang tidak'” imbuhnya.

    Pengadaan vaksin covid-19 Hongaria dari Rusia dan Tiongkok, serta melalui Uni Eropa, dengan cepat memberikan tingkat vaksinasi tertinggi kedua di blok 27 anggota setelah Malta. Lebih dari 66 persen orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

    Tetapi dalam beberapa minggu terakhir, karena sebagian besar dari mereka yang ingin divaksinasi sudah mendapat suntikan, kecepatan vaksinasi telah melambat secara dramatis. Angka pemerintah menunjukkan bahwa sekitar 2 juta orang masih belum memiliki kartu kekebalan, yang membatasi mereka dari banyak kesempatan yang tersedia bagi pemegang kartu.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id