Tinggal 75 Tahun di AS, Mantan Petugas Nazi akan Dideportasi

    Willy Haryono - 07 Maret 2020 16:04 WIB
    Tinggal 75 Tahun di AS, Mantan Petugas Nazi akan Dideportasi
    Salah satu batu memorial di kamp konsentrasi Neuengamme di Hamburg, Jerman . (Foto: DDP/AFP/File)
    Tennessee: Seorang hakim Amerika Serikat telah memerintahkan deportasi seorang mantan petugas penjaga kamp Nazi. Saat era Perang Dunia II, warga Jerman bernama Friedrich Karl Berger itu bertugas sebagai penjaga kamp konsentrasi Nazi.

    Berger, kini berusia 94 tahun, mengatakan kepada surat kabar Washington Post bahwa dirinya diperintahkan Nazi untuk bekerja di sebuah kamp konsentrasi semasa PD II. Sejak 1959, Berger tinggal di AS.

    Perintah deportasi terhadap Berger dikeluarkan hakim keimigrasian Rebecca Holt. Belum diketahui apakah Berger yang tinggal di Oak Ridge, Tennessee, akan mengajukan banding. Jika ia mengajukan banding, maka proses deportasi dapat ditunda selama beberapa tahun.

    "Setelah 75 tahun (tinggal di AS), perintah deportasi ini benar-benar konyol. Saya tidak dapat memercayai semua ini," tutur Berger kepada Washington Post, Jumat 6 Maret 2020.

    "Anda seperti mengusir saya dari rumah," sambung dia, dilansir dari BBC.

    Hakim Holt memerintahkan deportasi Berger pada Kamis kemarin, usai proses persidangannya berlangsung selama dua hari di kota Memphis, Tennessee. Holt menilai "kesediaan Berger untuk menjadi penjaga di kamp konsentrasi" dianggap sebagai bentuk bantuan terhadap persekusi yang dilakukan Nazi.

    Ia menambahkan, Berger bekerja sebagai petugas keamanan di Neuengamme, salah satu kamp konsentrasi Nazi. "Banyak orang di kamp tersebut dipaksa bekerja hingga tewas," sebut Hakim Holt.

    Selama persidangan, Berger mengaku dirinya pernah mencegah sejumlah tahanan yang berusaha kabur dari sebuah kamp di Meppen, Jerman wilayah barat laut.

    Namun belakangan ia mengatakan kepada Washington Post bahwa dirinya dipaksa untuk bekerja di kamp tersebut. Berger juga mengaku hanya bekerja sebentar di sana, dan tidak membawa senjata api selama bertugas.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id