comscore

Unjuk Rasa Meletus di Paris dan Lyon usai Kemenangan Macron

Willy Haryono - 25 April 2022 15:11 WIB
Unjuk Rasa Meletus di Paris dan Lyon usai Kemenangan Macron
Sekelompok warrga Prancis berunjuk rasa usai berakhirnya pemilu presiden putaran kedua pada Minggu, 24 April 2022. (Loic Venance / AFP)
Paris: Unjuk rasa meletus di jalanan kota Paris dan Lyon usai Presiden Prancis Emmanuel Macron kembali meraih kemenangan dalam pemilihan umum putaran kedua pada Minggu, 24 April 2022. Macron berhasil mengalahkan rival sayap kanan Marine Le Pen.

Dikutip dari Scroll.in, polisi antihuru-hara menembakkan gas air mata ke kelompok demonstran di lapangan Place de la Republique di Paris.
Sementara di Lyon, para pengunjuk rasa melemparkan kembang api ke sebuah mobil polisi.

Tidak disebutkan alasan di balik unjuk rasa atau apa-apa saja yang dituntut oleh para demonstran.

Baca:  Polisi Prancis Tembak Mati 2 Orang di Malam Macron Menang Pemilu

Macron telah menjadi presiden pertama di Prancis yang berhasil melaju ke periode kedua dalam dua dekade terakhir. Namun hasil pemilu kemarin juga menjadi rekor tersendiri bagi kelompok sayap kanan, yang berhasil meraih dukungan dengan angka signifikan.

Hampir 72 persen pemilih terdaftar di Prancis menggunakan hak suara mereka. Angka tersebut merupakan yang terendah dalam sebuah pemilu presiden di Prancis sejak 1969.

Pemilu Prancis dibagi ke dalam dua putaran, yakni pada tanggal 10 dan 24 April. Sejak masa kampanye dimulai, sejumlah mahasiswa berunjuk rasa di luar Sorbonne di Paris dalam mengekspresikan kekecewaan mereka atas kandidat-kandidat yang ada.

Selah menang kembali dalam pemilu, Macron mengatakan bahwa masyarakat Prancis telah memilih sebuah proyek humanis dan ambisius demi kemerdekaan "negara kita dan Eropa." Ia juga menjanjikan "metode terbarukan" untuk memimpin Prancis, dan menekankan bahwa periode kali ini bukan suatu era keberlanjutan.

Sementara itu, Le Pen telah menerima kekalahan namun menekankan bahwa raihan 41,4 persen merupakan suatu bentuk kemenangan. Ia mengatakan ide-ide yang diusung partai sayap kanannya telah mencapai level terbaru.

Le Pen mengaku sudah mempersiapkan partainya unttuk menghadapi pemilu legislatif pada Juni nanti. Ia optimistis haluan sayap kanan akan berkuasa di parlemen Prancis melalui pemilu mendatang.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id