Peringatan Tsunami Akibat Gempa Alaska Dicabut

    Marcheilla Ariesta - 29 Juli 2021 18:42 WIB
    Peringatan Tsunami Akibat Gempa Alaska Dicabut
    Peringatan tsunami di Alaska dicabut. Foto: AFP.



    Alaska: Peringatan tsunami untuk Alaska dan seluruh Pasifik dicabut setelah gempa bumi bermagnitudo 8,2 melanda negara bagian Amerika Serikat itu. Di Alaska, gelombang tsunami kecil berukuran di bawah satu kaki terpantau di Sand Point, Old Harbor, King Cove, Kodiak, Unalaska, dan Alitak Bay.

    Tidak ada laporan mengenai korban terluka atau kerusakan properti. Beberapa warga di pesisir Alaska dievakuasi setelah gempa.

     



    Koordinator Pusat Peringatan Tsunami Nasional Amerika Serikat (NTWC), Dave Snider memperkirakan tidak ada ancaman tsunami signifikan di California, Oregon, dan Washington, serta di provinsi British Columbia, Kanada.

    "Mungkin ada beberapa kerusakan kecil di beberapa tempat (di Alaska), namun tsunami yang signifikan dan kerusakan parah seperti itu tidak ada," tuturnya, dilansir dari Devdiscourse, Kamis, 29 Juli 2021.

    Baca juga: Gempa 8,2 Magnitudo Guncang Lepas Pantai Alaska, Picu Peringatan Tsunami

    Walaupun kedalaman gempa bumi dangkal dan berada dekat daerah penduduk bisa berbahaya, tapi gempa ini tidak terlalu menimbulkan ancaman karena biasanya tidak menimbulkan tsunami besar.

    "Benar-benar beruntung dalam hal ini, karena 8,2 cukup kuat untuk membuat gelombang yang cukup besar," imbuhnya.

    Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) membatalkan peringatan yang dikeluarkan untuk Hawaii dan wilayah Pasifik AS di Guam. Sementara itu, stasiun penyiaran NHK mengatakan, tidak ada risiko bagi Jepang.

    Pihak berwenang Selandia Baru juga mengatakan mereka tidak melihat adanya gelombang parah akibat gempa tersebut. Menurut Badan Meteorologi AS (USGS), gempa tersebut diikuti lebih dari 25 gempa susulan dan dua gempa lain berkekuatan 6,0 magnitudo.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id