comscore

Partai Putin Bergerak Menuju Kemenangan dalam Pemilu Parlemen Rusia

Willy Haryono - 20 September 2021 10:25 WIB
Partai Putin Bergerak Menuju Kemenangan dalam Pemilu Parlemen Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri acara SCO secara daring, 17 September 2021. (Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP)
Moskow: Partai milik Presiden Vladimir Putin, Rusia Bersatu (United Russia), bergerak menuju kemenangan dalam pemilihan umum parlemen, Minggu, 19 September. Pemilu ini berlangsung di tengah tudingan terjadinya sejumlah kecurangan.

Sebuah exit poll memprediksi kemenangan besar bagi Rusia Bersatu, yang sampai saat ini masih berstatus sebagai partai berkuasa.
Sejumlah kritikus vokal Kremlin dilarang ikut serta dalam pemilu parlemen Rusia. Terdapat juga beberapa laporan mengenai kecurangan penambahan surat suara maupun pemaksaan terhadap warga untuk memilih partai tertentu.

Baca:  Putin Beri Bonus Uang Tunai untuk Polisi dan Militer Jelang Pemilu

Komisi Pemilu Rusia membantah tuduhan tersebut.

Dalam hasil penghitungan awal, komisi melaporkan bahwa dari 33 persen suara yang sudah masuk, Rusia Bersatu sudah menerima lebih dari 45 persen dukungan. Dikutip dari laman BBC, Senin, 20 September 2021, Exit poll dari Insomar memprediksi partai Putin akan meraih lebih dari 45 persen suara.

Setelah pemungutan suara ditutup pada Minggu malam, Rusia Bersatu mengklaim kemenangan.

Tayangan di televisi nasional memperlihatkan pejabat senior partai tersebut, Andrei Turchak, yang mengklaim kemenangan dan mengucapkan terima kasih kepada para pendukung di ibu kota Moskow. Ia mengklaim kemenangan partai Putin ini berlangsung bersih dan jujur.

Dalam pemilu parlemen di tahun 2016, Rusia Bersatu meraih 54 persen dukungan. Tahun ini, partai tersebut diperkirakan akan kehilangan seperlima dukungan di parlemen, meski akan tetap mencapai mayoritas.

Berkurangnya dukungan diyakini dipicu kekhawatiran masyarakat seputar standar kehidupan dan tuduhan korupsi di Kremlin. Namun sejauh ini pemerintahan Rusia, terutama sosok Putin, masih mendapat dukungan mayoritas warga yang memandangnya sebagai tokoh penentang dunia Barat.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id