comscore

Jenderal AS: Tiongkok Tak Miliki Motivasi dan Niat untuk Serang Taiwan

Fajar Nugraha - 18 Juni 2021 10:05 WIB
Jenderal AS: Tiongkok Tak Miliki Motivasi dan Niat untuk Serang Taiwan
Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Markus Milley. Foto: AFP
New York: Tiongkok tidak memiliki kemampuan militer atau niat untuk merebut Taiwan dengan paksa dalam waktu dekat. Setidaknya hal itu disampaikan oleh petinggi militer Amerika Serikat (AS) kepada kepada Kongres pada Kamis 17 Juni 2021.

“Tiongkok memiliki cara untuk mengembangkan kemampuan tanpa main-main yang sebenarnya untuk melakukan operasi militer untuk merebut, seluruh pulau Taiwan. Mereka bisa melalui cara militer, jika ingin melakukan itu," ujar Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Markus Milley mengatakan kepada Komite Alokasi Senat, seperti dikutip Newsweek, Jumat 18 Juni 2021.
Milley ditanya oleh Senator dari Partai Demokrat Chris Coons dari Delaware seberapa besar kemungkinan Tiongkok secara aktif mengejar strategi penyatuan dengan Taiwan melalui kekuatan militer dalam waktu dekat.

"Saya pikir saat ini hanya ada sedikit niat atau motivasi untuk melakukannya secara militer. Tidak ada alasan untuk melakukannya secara militer. Dan mereka tahu itu," kata Milley.

“Jadi saya pikir saat ini kemungkinannya rendah dalam waktu dekat ataupun dalam jangka pendek,” tegas Milley.

Komentar Milley berbeda dari penilaian yang diberikan oleh mantan komandan Komando Wilayah Indo-Pasifik AS Laksamana Philip Davidson pada Maret lalu. Davidson memperingatkan anggota Kongres AS bahwa ancaman seperti itu dapat terwujud dalam enam tahun ke depan.

Milley kemudian mengakui bahwa penyatuan Taiwan adalah "kepentingan inti" bagi Tiongkok. Dirinya mengisyaratkan bahwa Beijing akan mengejar ambisi semacam itu melalui cara-cara damai.

"Politik internal Tiongkok terserah mereka, selama apa pun yang dilakukan dilakukan secara damai dan tidak mengganggu stabilitas kawasan maupun dunia," ucap Milley.

Milley muncul di depan komite untuk membahas permintaan anggaran Fiskal 2022 Pentagon, bersama Menteri Pertahanan Lloyd Austin.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id