G7 Bertekad Tingkatkan Kontribusi terhadap Skema Vaksin Covax

    Willy Haryono - 20 Februari 2021 07:42 WIB
    G7 Bertekad Tingkatkan Kontribusi terhadap Skema Vaksin Covax
    Ilustrasi vaksin covid-19. (Medcom.id)


    Berlin: Jajaran petinggi negara G7 bertekad meningkatkan kerja sama dan kontribusi terhadap skema vaksin Covax dalam memerangi pandemi Covid-19. Dalam sebuah pernyataan gabungan dalam pertemuan virtual pada Jumat, 19 Februari, G7 meningkatkan komitmen keseluruhan mereka menjadi USD6,5 miliar.

    Negara-negara negara kaya menghadapi tekanan untuk memastikan negara berpenghasilan rendah mendapatkan vaksin melalui Covax.




    Presiden Joe Biden bertekad menganggarkan dana hingga USD4 miliar dalam bentuk bantuan Amerika Serikat terhadap Covax. Bantuan pertama USD2 miliar akan didonasikan pada 2021, dan tambahan USD2 miliar dalam dua tahun setelahnya.

    Jerman juga menambahkan anggaran USD1,2 miliar. "Saya menekankan intervensi saya bahwa pandemi ini belum akan berakhir hingga semua orang di dunia telah divaksinasi," ujar Merkel, dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 20 Februari 2021.

    Skema Covax berrtujun menggalang setidaknya 1,3 miliar dosis vaksin untuk warga di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan.

    Covax adalah skema yang diinisasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Skema ini juga didukung dua kelompok bernama Gavi dan CEPI.

    Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyeus mengaku senang atas komitmen G7. Namun ia menekankan lebih banyak usaha diperlukan untuk menangani masalah vaksinasi global.

    "Kesetaraan vaksin bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, tapi juga langkah pintar untuk dilakukan," ujar Tedros dalam konferensi keamanan Munich yang digelar secara virtual pada Jumat.

    Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan langkah lebih lanjut untuk menangani ketidaksetaraan akses vaksin. Ia mengatakan Eropa dan AS seharusnya segera mengirim 5 persen pasokan vaksin mereka ke negara-negara berkembang.

    Baca:  Inggris Akan Berikan Kelebihan Vaksin Covid-19 ke Skema COVAX


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id