10 Perempuan Besi di Kabinet Joe Biden

    Fajar Nugraha - 02 Desember 2020 17:08 WIB
    10 Perempuan Besi di Kabinet Joe Biden
    Presiden terpilih Amerika Serika (AS) Joe Biden melengkapi kabinetnya dengan perempuan kuat. Foto: AFP
    Delaware: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris sudah mengumumkan beberapa nama tergabung dalam kabinetnya. Pilihan Biden-Harris ternyata sangat beragam.

    Namun satu hal yang unik dari kabinet ini adalah, banyak posisi yang ditempati oleh perempuan. Mereka pun memegangan peran strategis dalam pemerintahan Biden-Harris nantinya.

    Biden menghadapi tekanan untuk menyenangkan baik progresif maupun moderat dan untuk mendapatkan pilihan Kabinetnya lolos melalui Senat yang berpotensi dikendalikan Partai Republik. Tim Biden, yang membuat sejarah dengan terpilihnya Wakil Presiden Kamala Harris sebagai wanita pertama, kulit hitam pertama, dan India-Amerika pertama, juga memperhatikan keragaman gender dan ras.

    Ada dua dari pilihan Biden yang dilaporkan menempatkan sosok perempuan sebagai pemimpin di kementerian. Keduanya ada Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertahanan. Kedua kementerian ini belum pernah dipimpin oleh perempuan sebelumnya.

    Berikut beberapa perempuan kuat yang akan membantu Joe Biden dalam melaksanakan tugasnya, usai dilantik 20 Januari 2021 mendatang.

    1. Janet Yellen, Menteri Keuangan

    Nama Janet Yellen tidak asing lagi dalam perekonomian AS. Dia sempat menjabat sebagai Ketua Federal Reserve atau Bank Sentral AS dan kini akan menjabat sebagai menteri keuangan.

    Yellen adalah perempuan pertama yang memimpin The Fed. Ke depan, dia akan menjadi perempuan pertama yang mengepalai Kementerian Keuangan dan orang pertama yang pernah memimpin Kementerian Keuangan, bank sentral, dan Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih.

    Awalnya ada beberapa nama lain yang menjadi pilihan. Namun Yellen mengalahkan calon lain seperti Gubernur The Fed Lael Brainard dan Senator Elizabeth Warren. Yellen dipandang sebagai pilihan yang menarik bagi Demokrat moderat dan progresif.

    2. Michèle Flournoy, Menteri Pertahanan

    Michèle Flournoy kemungkinan besar akan dipilih Biden sebagai Menteri Pertahanan, namun Biden belum mengumumkan pilihan resmi. Mantan Wakil Menteri Pertahanan di bawah Presiden Obama ini akan menjadi wanita pertama yang memimpin Pentagon. Dia juga sebut-sebut akan menjadi calon anggota Kabinet Hillary Clinton jika dia memenangkan pemilihan 2016.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id