Biden Diyakini akan Tunjuk Perempuan sebagai Menhan AS

    Willy Haryono - 15 November 2020 13:04 WIB
    Biden Diyakini akan Tunjuk Perempuan sebagai Menhan AS
    Michele Flournoy merupakan pejabat veteran di Kemenhan AS atau biasa juga disebut Pentagon, (Chris Kleponis/AFP/Getty)
    Washington: Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden diyakini akan menunjuk seorang perempuan sebagai Menteri Pertahanan AS untuk kali pertama dalam sejarah Negeri Paman sam. Jika terkonfirmasi, maka Biden sekali lagi mendobrak penghalang tak terlihat bagi perempuan di beberapa posisi penting pemerintahan AS.

    Michele Flournoy, seorang petinggi veteran di Kemenhan AS atau Pentagon, diyakini berada di daftar teratas Biden untuk posisi menhan.

    Dilansir dari laman Independent pada Minggu, 15 November 2020, ditunjuknya Flournoy akan terjadi di tengah krisis kepemimpinan di Pentagon, setelah jabatan menhan sempat diganti selama lima kali di bawah kepemimpinan presiden Donald Trump.

    Perubahan terbaru di Pentagon terjadi saat Menhan Mark Esper dipecat Trump pada Senin kemarin. Esper diduga dipecat karena berbeda pendapat dengan Trump untuk beberapa isu, seperti penarikan pasukan AS dari zona konflik dan penggunaan personel militer untuk meredam demonstrasi.

    Jika terkonfirmasi sebagai menhan, Flournoy akan menghadapi masa depan yang meliputi pemangkasan dana Pentagon dan potensi keterlibatan militer dalam pendistribusian vaksin virus korona (covid-19).

    Partai Demokrat sudah sejak lama ingin menempatkan perempuan di Pentagon. Flournoy disebut-sebut sebagai pilihan utama Hillary Clinton jika seandainya ia menang dalam pemilu 2016.

    Pentagon merupakan satu dari tiga kementerian di AS yang belum pernah dipimpin perempuan. Dua kementerian lainnya adalah Kementerian Keuangan dan Kementerian Urusan Veteran.

    Sebelumnya, tiga petinggi Pentagon beramai-ramai mundur usai Trump memecat Esper.

    Tiga pengunduran diri ini terjadi satu hari usai Trump memecat Esper dari pos Menhan. Padahal sebelumnya, Pentagon membantah rumor mengenai potensi dipecatnya Esper. Trump memecat Esper usai dirinya diproyeksikan kalah dalam pemilu AS oleh media-media besar.

    Saat ini beredar kabar bahwa Trump berencana memecat Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Christopher Wray dan juga Direktur Agensi Intelijen Pusat (CIA) Gina Haspel.

    Baca:  Petinggi Pentagon Beramai-ramai Mundur usai Trump Pecat Menhan

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id