Kasus Virus Korona AS Diperkirakan Capai 20 Juta

    Fajar Nugraha - 26 Juni 2020 06:28 WIB
    Kasus Virus Korona AS Diperkirakan Capai 20 Juta
    Warga AS melakukan tes covid-19 di mobil dengan cara cepat. Foto: AFP
    Washington: Pusat Pengendailan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperkirakan setidaknya 20 juta orang di AS mungkin sudah terinfeksi covid-19.

    “Jumlah sebenarnya kasus positif covid-19 mungkin 10 kali lebih tinggi dari angka yang dilaporkan,” pernyataan pihak CDC, seperti dikutip AFP, Jumat, 26 Juni 2020.

    AS hingga kini telah mencatat 2.416.727  juta infeksi yang dikonfirmasi dan 122.500 kematian. Angka infeksi terus meningkat ketika negara bagian Texas menghentikan pembukaan kembali ketika infeksi dan rawat inap melonjak.

    Beberapa negara bagian selatan dan barat telah melaporkan catatan jumlah kasus dalam beberapa hari terakhir.

    "Perkiraan terbaik kami saat ini adalah bahwa untuk setiap kasus yang dilaporkan, sebenarnya ada 10 infeksi lain," Direktur CDC Dr Robert Redfield mengatakan kepada wartawan.

    Ini karena pengujian terbatas pada orang dengan gejala dan pembawa asimptomatik tidak diuji, katanya. "Kami mungkin mengakui sekitar 10 persen dari wabah dengan metode yang kami gunakan untuk diagnosis antara Maret, April dan Mei," katanya.

    Dr Redfield mengatakan bahwa antara 5 persen dan 8 persen populasi telah terpapar virus dan mendesak orang Amerika untuk menjaga jarak sosial, memakai topeng dan mencuci tangan.

    "Ketika kita memasuki musim gugur, di musim dingin, ini akan menjadi mekanisme pertahanan yang sangat, sangat penting," katanya.

    Ada apa di Texas?


    Negara bagian yang telah berada di garis depan langkah-langkah untuk mengakhiri tindakan penguncian ini, telah melihat ribuan kasus baru. Hal tersebut mendorong Gubernur Texas Greg Abbott untuk menghentikan sementara pembukaan kembali.

    "Jeda sementara ini akan membantu negara kita melindungi penyebaran sampai kita bisa memasuki fase selanjutnya dengan membuka negara kita untuk bisnis," tegas Abbott.

    Texas mengkonfirmasi rekor 5.996 kasus baru pada Kamis. Ada juga 47 kematian baru yang merupakan korban harian tertinggi selama sebulan.

    Texas juga mencatat jumlah orang yang membutuhkan perawatan di rumah sakit selama 13 hari berturut-turut Operasi elektif telah ditangguhkan di daerah Houston, Dallas, Austin dan San Antonio untuk mempersiapkan ketersediaan tempat tidur rawat pasien.

    Lebih dari 10 persen dari tes yang dilakukan selama seminggu terakhir telah kembali positif penyebaran covid-19.

    Sebanyak 12 negara bagian telah melaporkan kasus covid-19 termasuk Alabama, Arizona, California, Florida, Idaho, Mississippi, Missouri, Nevada, Oklahoma, South Carolina, dan Wyoming. Mereka mencatat peningkatan harian dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi minggu ini.

    Lebih dari 36.000 kasus baru AS dikonfirmasi pada Rabu, tidak jauh dari jumlah rekor 36.426 kasus yang dicatat pada 24 April. Sementara beberapa peningkatan turun ke peningkatan pengujian, tingkat tes positif di beberapa daerah juga meningkat.


    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id