Lima Negara Bagian AS Catat Lonjakan Kematian akibat Covid-19

    Willy Haryono - 29 Juli 2020 11:22 WIB
    Lima Negara Bagian AS Catat Lonjakan Kematian akibat Covid-19
    Pekerja medis melakukan tes covid-19 di sebuah fasilitas kesehatan di San Francisco, California, 12Maret 2020. (Foto: Josh Edelson/AFP/Getty)
    California: Lima negara bagian di Selatan dan Barat Amerika Serikat mencatat rekor untuk kematian akibat virus korona (covid-19) dalam sehari pada Selasa 28 Juli. Saat ini AS masih menjadi negara dengan angka kasus dan kematian akibat covid-19 tertinggi di dunia.

    Dikutip dari France 24, Rabu 29 Juli 2020, Arkansas, Florida, Montana, dan Oregon masing-masing melaporkan lonjakan kematian pasien covid-19. Sementara di California, angka kematian bertambah 171 dalam kurun waktu 24 jam -- tertinggi sejauh ini di negara bagian tersebut.

    AS mengonfirmasi total kematian akibat covid-19 di skala nasional pada Selasa mencapai lebih dari 1.200. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam kurun waktu 24 jam sejak Mei lalu.

    Otoritas kesehatan California mengatakan bahwa warga etnis Latin, yang jumlahnya berkisar sepertiga dari total populasi di negara bagian tersebut, mendominasi angka kasus dan kematian akibat covid-19. Jumlah kasus covid-19 melonjak di Central Valley, sebuah wilayah di California yang banyak dihuni etnis Latin.

    Departemen Kesehatan Florida mencatat tambahan 191 kematian dalam 24 jam terakhir, yang juga merupakan lonjakan tertinggi sejauh ini.

    Senin kemarin, Texas menerima laporan lebih dari 6.000 infeksi baru covid-19, yang menjadikan totalnya saat ini 401.477. Hanya tiga negara bagian lainnya -- California, Florida, dan New York -- yang memiliki total kasus di atas 400 ribu.

    Sementara itu, pakar penyakit ternama di AS, Dr Anthony Fauci, mengatakan bahwa dirinya khawatir lonjakan tajam kasus covid-19 di wilayah Selatan dan Barat AS akan segera mencapai puncaknya.

    Sebelumnya, Fauci mengatakan indikasi awal memperlihatkan bahwa persentase hasil positif dari tes covid-19 meningkat di Ohio, Indiana, Tennessee, dan Kentucky.

    Berdasarka data Johns Hopkins University pada Rabu ini, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 4,3 juta dengan 149 ribu lebih kematian dan 1.355.363 pasien sembuh.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id