comscore

Paus Fransiskus akan Kunjungi Kazakhstan September Mendatang

Medcom - 12 April 2022 21:40 WIB
Paus Fransiskus akan Kunjungi Kazakhstan September Mendatang
Paus Fransiskus. (AFP)
Nur-Sultan: Kepresidenan Kazakhstan pada Senin, 11 April 2022 menyatakan bahwa Paus Fransiskus akan mengunjungi negara terbesar di Asia Tengah tersebut pada September mendatang. Nantinya, Fransiskus akan berpartisipasi dalam dialog lintas agama.

Dalam konferensi virtual dengan Presiden Kassym-Jomart Tokayev, Fransiskus mengonfirmasi kunjungan resmi ke Kazakhstan serta kehadiran dalam Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7, yang dijadwalkan berlangsung pada 14 dan 15 September mendatang.
"Ada pembicaraan melalui (konferensi) video pagi ini, dan Paus Fransiskus telah mengonfirmasi niatnya untuk mengunjungi negara tersebut," kata layanan pers Vatikan.

Gelaran pertama Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional dilaksanakan di tahun 2003, yang bertujuan untuk mendorong dialog lintas agama.

Kazakhstan, negara mayoritas Muslim, terletak di dekat Rusia, yang kini tengah menginvasi Ukraina. Fransiskus telah beberapa kali berkomentar mengenai invasi tersebut.

Baca:  Paus Fransiskus Kutuk Pembantaian di Kota Bucha Ukraina

Januari lalu, terjadi kerusuhan yang mengakibatkan Kazakhstan tenggelam dalam krisis politik terburuk sejak era kemerdekaan pascaruntuhnya Uni Soviet di tahun 1991.

Paus Fransiskus, 85, telah mengunjungi Georgia dan Azerbaijan pada 2016, namun belum pernah pergi ke Asia Tengah sejak pelantikannya di tahun 2013.

Tahun ini, Fransiskus yang belakangan menunjukkan tanda kelelahan fisik, akan melakukan sejumlah perjalanan ke luar negeri.

Setelah ke Malta pada awal April, ia akan mengunjungi Lebanon di bulan Juni. Satu bulan setelahnya, ia akan mengunjungi Republik Demokratik Kongo, Sudan Selatan dan juga Kanada. (Kaylina Ivani)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id