comscore

Rusia Kuasai Chernobyl, Mengenang Bencana Bekas Reaktor Nuklir di Ukraina

Sri Yanti Nainggolan - 25 Februari 2022 14:03 WIB
Rusia Kuasai Chernobyl, Mengenang Bencana Bekas Reaktor Nuklir di Ukraina
Pascabencana Chernobyl pada 1986. Foto: Getty Images
Jakarta: Rusia menguasai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl di Ukraina. Itu adalah lokasi bencana nuklir terburuk di dunia sepanjang masa. 

"Serangan tidak masuk akal dari Rusia. ...tidak mungkin untuk mengatakan bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl aman," ucap penasihat Presiden Ukraina, Myhailo Podolyak, dilansir dari CBS News, Jumat, 25 Februari 2022. 
Badan Energi Atom Internasional (IAEA) juga mengatakan telah diberitahu oleh Ukraina bahwa "angkatan bersenjata tak dikenal" telah menguasai semua fasilitas pabrik, tanpa korban atau kehancuran di lokasi tersebut.

Baca: Matahari Baru Terbit, 3 Ledakan Terdengar di Ibu Kota Ukraina
 

Apa itu Chernobyl?

Dilansir dari History, Chernobyl adalah PLTN di Ukraina yang merupakan lokasi kecelakaan nuklir terburuk pada 26 April 1986. Tes rutin di pembangkit listrik itu gagal total. Dua ledakan besar menghancurkan atap seberat 1.000 ton dari salah satu reaktor pembangkit tersebut. 

Ledakan itu melepaskan radiasi 400 kali lebih banyak daripada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada 1945. Dua pekerja meninggal dalam peristiwa itu dan 28 orang tewas karena paparan radiasi akut. 

Chernobyl terletak di bagian utara Ukraina, sekitar 80 mil di utara Kiev, Ibu Kota Ukraina. Sebuah kota kecil, Pripyat, dibangun beberapa mil dari lokasi pembangkit nuklir untuk menampung para pekerja dan keluarga mereka.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id