comscore

WHO Tegaskan Lonjakan Kasus Covid-19 Dipicu Kesenjangan Akses Vaksin

Willy Haryono - 18 Desember 2021 16:03 WIB
WHO Tegaskan Lonjakan Kasus Covid-19 Dipicu Kesenjangan Akses Vaksin
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (AFP)
Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa kelanjutan lonjakan kasus harian Covid-19 di berbagai belahan dunia merupakan hasil dari kesenjangan distribusi vaksin.

Berbicara dalam Konferensi Internasional Pertama Kesehatan Publik di Afrika, Tedros mengatakan bahwa penyuntikan perdana vaksin Covid-19 dilakukan lebih dari satu tahun lalu.
"Setahun lalu, kita semua berharap vaksin dapat membantu kita keluar dari terowongan pandemi yang panjang dan gelap," ucap Tedros.

"Tapi kini, kita telah memasuki tahun ketiga pandemi, angka kematian bertambah tiga kali lipat, dan dunia masih tetap berada di dalam genggaman (Covid-19)," sambungnya, dilansir dari voanews, Sabtu, 18 Desember 2021.

"Covid-19 telah menewaskan lebih dari 5 juta jiwa, dan itu adalah angka yang tercatat secara resmi," ungkap Tedros.

Ia mengatakan bahwa pengembangan berbagai merek vaksin Covid-19 merupakan kemenangan bagi sains. Namun sayangnya, lanjut Tedros, "kesenjangan distribusi vaksin merupakan kegagalan dalam bidang kemanusiaan."

Tedros mengatakan walau lebih dari 8,5 miliar dosis vaksin telah disebarkan secara global, jumlah warga di benua Afrika yang sudah divaksinasi lengkap hanya berada di kisaran 8 persen.

"Kami sudah sering mengatakan bahwa selama kesenjangan vaksin masih berlangsung, virus ini memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebar dan bermutasi. Contoh terkini adalah varian Omicron," sebut Tedros.

Mengenai COVAX, skema berbagi vaksin yang diinisiasi WHO, Tedros menilai perkembangannya relatif baik dan kinerjanya juga sudah semakin meningkat. "Dalam 10 pekan terakhir, COVAX telah mengirim lebih banyak vaksin dibanding sembilan bulan pertama tahun ini," pungkasnya.

Baca:  Meski Kurang Efektif Lawan Omicron, Vaksin Tetap Beri Perlindungan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id